Sangat Canggih, 6 Robot Pertanian Ini Patut Ada di Indonesia


Di zaman sekarang ini, teknologi dibidang manapun sudah memiliki kemajuan dan peningkatan yang signifikan. Termasuk juga pada bidang pertanian, teknologi yang canggih sangatlah membantu para kinerja petani agar lebih mempermudah pengolahan lahan pertanian mereka.

Salah satu teknologi yang dimaksud adalah robot. Tentunya dengan kehadiran robot-robot canggih tersebut, sangat menguntungkan para petani karena tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga dan waktu yang terbuang sia-sia karena mengerjakan pengolahan lahan secara manual.

Baca Juga :
- Lestarikan Alam Lingkungan dan Gunakan Kantong Sampah Plastik
- Mulsa Plastik Hitam Perak Untuk Meningkatkan Hasil Panen
- Cara Praktis dan Kekinian Menanam Bawang Daun di Polybag

Nah, apa sajakah robot-robot canggih tersebut? Dikutip dari sains.kompas.com dan interestingengineering.com, berikut ada beberapa robot-robot canggih yang harus kamu ketahui.


Ecorobotix

Robot canggih ini sebetulnya merupakan drone tanpa awak yang bertenaga surya. Sensor kamera pada robot ini mampu mendeteksi tanaman pengganggu, lalu lengan robot akan bergerak cepat menyemprot tanaman tersebut dengan herbisida dosis kecil. Robot ini bisa bekerja siang malam tanpa ada campur tangan manusia. Sangat membantu sekali bukan?


Vision Robotics

Selada adalah tanaman yang paling banyak ditanam oleh para petani di California sebab paling laku dijual. Tetapi salah satu konsekuensi yang harus dihadapi petani selada yakni germinasi ataupun pertunasan biji yang dapat membuat lahan terlalu sesak serta tanaman akan sakit. Nah, hadirnya Vision Robotics ini difungsikan untuk membantu para petani selada menyelesaikan masalah tersebut.

Robot ini mempunyai sensor yang canggih untuk mencari daun selada yang rusak, kemudian menyemprotkan cairan supaya daun selada yang rusak tadi hilang. Teknologi ini tentu bisa mengurangi tenaga kerja dan waktu yang diperlukan dari 15 orang selama seharian menjadi 1-2 orang saja dalam waktu beberapa jam.


Naio Technologies

Untuk yang satu ini mempunyai beberapa jenis produk robot, serta beberapa tipe yang sudah ada di pasaran. Sebut saja dari yang paling kecil yakni Oz dan yang ukuran besar yakni robot Dino. Robot Oz cocok untuk bekerja di lahan kecil, seperti contoh di rumah kaca atau greenhouse, sedangkan untuk robot Dino cocok di pakai di lahan pertanian yang luas dan besar. Semua robot dijalankan tanpa awak dan berguna membersihkan lahan dari tanaman penganggu dengan teknik mekanis seperti pengolahan tanah.


RIPPA

Robot yang hebat ini adalah hasil rancangan ilmuwan dari Universitas Sydney di Australia. Robot RIPPA mempunyai teknologi canggih yang bisa deteksi dan memungkinkan robot bekerja di beberapa tipe lahan seperti contoh tanaman, kebun buah-buahan, serta biji-bijian. Sama dengan robot-robot pertanian lainnya, RIPPA mampu mendeteksi gulma serta menghilangkan tanaman pengganggu, dan juga menyemprotkan cairan pestisida guna mencegah adanya hama tanaman.


Energid Citrus Picking

Robot canggih ini adalah sebuah robot besar canggih yang mampu memetik buah jeruk yang sudah masuk masa panen secara otomatis. Robot ini mampu memetik 1 buah jeruk dalam waktu 2-3 detik saja, dan tingkat sensor pemilihan jeruk matang hingga 50%. Robot ini pastinya sangat membantu para petani jeruk untuk memanen buah dalam jumlah yang banyak. Jadi tidak perlu lagi memetik secara manual dan memakan banyak waktu.


Agribotix

Robot canggih yang terakhir ini merupakan sebuah drone yang punya teknologi canggih di dalamnya. Agribotix memiliki fungsi memantau ladang pertanian yang luas dengan hanya melihat monitor kecil yang tersambung dengan robot ini. Robot ini mampu mengelilingi lahan pertanian yang luas dan mengumpulkan data tanaman secara real time. Drone canggih ini juga memiliki sensor inframerah yang dapat mengukur kesehatan tanaman saat terbang di udara.

Untuk pemesanan, hubungi kami melalui kontak yang tersedia berikut:

Chat WhatsApp Kirim SMS Telpon

Komentar (0)

Posting Komentar