Cara Praktis dan Kekinian Menanam Bawang Daun di Polybag


Bagi Anda yang tak mempunyai tanah untuk menanam bawang daun, sekarang ini ada solusinya yakni menanam bawang daun di dalam polybag, menanam bawang daun di dalam polybag sendiri dapat menghemat biaya pengeluaran dapur ibu rumah tangga, disamping itu juga, bisnis budidaya bawang daun dalam polybag ini ternyata berkembang pesat, tak menutupi kemungkinan Anda dapat menambah penghasilan keluarga.

Untuk tahapan cara budidaya atau menanam bawang daun di dalam polybag sendiri sebetulnya tak jauh berbeda dengan budidaya daun bawan di lahan terbuka. Jenis bibit yang ditanam serta pupuk yang dibutuhkan relatif hampir sama. Hanya jenis media tanamnya saja berbeda sehingga membutuhkan perlakuan yang khusus. Nah, cara budidaya bawang daun di polybag ini bisa dikerjakan dengan mudah, jika Anda mengikuti tahapan cara berikut.

Penanaman

Untuk cara menanam bawang daun secara organik, bibit bisa Anda langsung peroleh dan ditanam. Sedangkan untuk cara yang non-organik bibit dapat Anda rendam dahulu dalam larutan fungisida sebelum akan ditanam. Perendaman dikerjakan dengan dosis yang rendah sekitar 30-50% dari dosis anjuran selama kurang lebih 10-15 menit. Tujuannya yakni untuk menghindari agresi fungi di bagian akar. Buatlah lubang tanam di polybag yang sudah Anda persiapkan sebelumnya. Dalam lubang tanam sekitar 10 cm, segera masukan bibit tanaman, 1 wadah untuk satu tanaman bawang daun.

Baca Juga : Alasan Memilih Plastik UV Berkualitas Untuk Atap Greenhouse

Posisi tanaman harus tegak berdiri, sesudah itu tutup dengan memakai media tanam hingga kuat mencengkram. Sirami bibit tersebut agar terjaga kelembabannya. Saat yang paling tepat untuk melakukan penanaman bawang daun yakni di pagi serta sore hari. Ketika matahari tidak terlalu terik sehingga suhu udara serta laju respirasi tidak begitu tinggi. Taruh polybag yang Anda pakai di tempat yang memperoleh sinar dari matahari secara penuh.

Pabrik Polybag Pembibitan Murah

Pemeliharaan


Tahap penyiraman bisa dikerjakan di awal pertumbuhan yang lebih baik dilakukan tiap hari. Dalam menanam bawang daun, tanah ataupun media tanam usahakan jangan terlalu basah ataupun becek, air tergenang, hal itu karena dapat menyebabkan terjadi pembusukan akar. Selanjutnya, penyiraman bisa Anda kerjakan tiap 2 - 3 hari sekali, ataupun tergantung juga dengan kondisi cuaca serta kondisi media tanam. Waktu untuk penyiraman yang paling ideal dan bagus, yakni ketika pagi sebelum jam 9.00 ataupun juga sore hari sesudah pukul 17.00. Serta untuk cara menanam bawang daun organik, Anda bisa memberikanlah pupuk kompos ataupun pupuk kandang di minggu ke-4 sebanyak 1 kepalan tangan saja untuk setiap wadah serta diulang pada minggu ke-8.

Baca Juga : Mengapa Petani Sangat Membutuhkan Paranet Yang Berkualitas?

Pupuk bisa Anda tebar di sekitar pangkal batang tanaman bawang daun. Sedangkan untuk cara pemupukan bawang daun non-organik, Anda dapat memberikan pupuk urea ataupun ZA pada minggu ke-3 serta minggu ke-6. Jumlah pupuk perwadah bisa Anda berikan sebanyak 5 gram. Pemberian pupuk tersebut lebih baik dilarutkan di dalam air, sesudah itu disiramkan ke media tanam. Dapat juga dengan cara menambahkan pupuk organik cair jikalau diperlukan. Pemberian pupuk bisa dengan cara disemprotkan di bagian daun dengan secara merata ataupun langsung dikocorkan ke tanah. Pengaplikasian pupuk dapat Anda berikan mulai di hari ke-10 serta diulang tiap 10 hari sampai 3-4 kali.


Pemanenan

bawang daun bisa Anda panen saat telah berusia 2,5 bulan sejak bibit mulai ditanam, 5 bulan dari saat biji mulai akan disemai. Ciri dari bawang daun yang siap untuk di panen adalah adanya beberapa jumlah rumpunnya mulai banyak dan sebagian daunnya telah ada yang menguning. Panen lebih baik dikerjakan waktu pagi ataupun sore hari. Namun untuk keperluan seharian tak wajib menunggu sampai tanaman bawang daun siap untuk panen. Tanaman bawang daun yang sudah berumpun banyak dapat Anda diambil sebagian kapan saja, dan sisanya bisa dibiarkan tumbuh. Di tanah yang terbuka, produktivitas bawang daun ini dapat menghasilkan sampai 10-40 ton per hektar. Produktivitas ini tergantung pada kualitas bibit, metode budidaya, serta kecocokan letak geografis.

Jika Anda sedang membutuhkan polybag untuk budidaya bawang daun, Anda bisa mendapatkan polybag berkualitas di toko online kami. Untuk info produk dan harga, segera hubungi kami di 085233925564 - 081232584950 - 087702821277. Atau hubungi admin kami via whatsapp dengan klik salah satu tautan berikut :
http://bit.ly/2BAgCJ3
http://bit.ly/2oaVZvq
http://bit.ly/2BD3Fyr

Untuk pemesanan, hubungi kami melalui kontak yang tersedia berikut:

Chat WhatsApp Kirim SMS Telpon

Komentar (0)

Posting Komentar