Bahas Tuntas Hortikultura, Mulai Pengertian Hingga Cara Budidaya


Hortikultura mungkin masih menjadi istilah yang asing bagi sebagian besar orang. Namun, ketika mereka diberitahu bahwa merawat beragam jenis tanaman hias, menanam tanaman tomat dalam arti kebun, serta memotong rumput ialah kegiatan hortikultura, istilah itu tiba-tiba menjadi lebih jelas. Hortikultura termasuk produksi serta penggunaan tanaman guna makanan, kenyamanan, serta keindahan.

Hortikultura ialah ilmu serta seni guna menghasilkan, meningkatkan, memasarkan, serta menggunakan buah-buahan, sayuran, bunga, serta tanaman hias. Ini berbeda dari botani serta ilmu tanaman lainnya karena Hortikultura menggabungkan ilmu pengetahuan serta estetika.

Baca Juga :
- Ternyata, Susu Campur Kunyit Punya Banyak Khasiat! Rasanya?
- Manfaat Luar Biasa dari Tanaman Refugia, Untuk Sawah Anda
- Tips Merawat dan Memanen Rambutan, Agar Berbuah Sehat

Produksi serta konsumsi buah serta sayuran berkualitas tinggi memungkinkan kita mempertahankan pola makan harian yang sehat serta seimbang. Bunga serta tanaman hias berkontribusi pada keindahan lingkungan di sekitar kita. Hortikultura memengaruhi kehidupan kita setiap hari dengan menyediakan buah serta sayuran yang bergizi, menawarkan keindahan visual, serta lain-lain.

1. Jenis-jenis

Jika di atas sudah dijelaskan tentang klasifikasi serta pengertian tanaman hortikurtura, barangkali apa saja contoh tanaman hortikultura perlu diketahui. Beberapa contoh tanaman hortikultura antara lain :

  • Tanaman Buah : durian, jeruk, rambutan, mangga, semangka, strawberry, sawo, dll
  • Tanaman Sayuran : bayam, kol, tomat, sawi, kacang-kacangan, dll
  • Tanaman Hias : mawar, anggrek, calathea, lidah buaya, bonsai, dll
  • Tanaman Obat : kumis kucing, kunyit, jahe, cabe jawa, dll

Contoh di atas barulah sedikit dari banyaknya tanaman hortikultura yang ada. Anda dapat menambahkannya sendiri selama itu masih sesuai dengan ciri-ciri di atas maka dapat juga dikategorikan sebagai tanaman hortikultura.


2. Manfaat

Tentunya, tanaman hortikultura yang biasa ditemui setiap hari memiliki manfaat yang sangat berguna tidak hanya bagi kesehatan tubuh, tapi juga memiliki manfaat yang berguna bagi kelangsungan perekonomian. Bagi petani, manfaat tanaman hortikultura tentu sangat berpengaruh bagi kehidupan mereka.

Nilai jual tanaman hortikultura asli Indonesia yang terbilang sepadan dengan usaha yang dilakukan, tentu meningkatkan sumber penghasilan petani. Belum lagi, dapat menambah devisa negara karena setiap negara tentu bersaing mendapatkan produk unggulan pertanian.

3. Budidaya

Persiapan Lahan
Ini merupakan tahap awal yang penting guna menanam hortikultura. Bagaimana persiapan lahan diperlukan bakal tergantung pada:

  • Jenis tanaman yang bakal dibudidayakan, ukuran tanaman, serta umur panennya
  • Teknik budidaya yang bakal dilakukan. Apakah menggunakan sistem organik, hidroponik ataukah konvensional
  • Luas lahan yang bakal digunakan


Pembibitan
Pembibitan ini dilakukan guna mendapatkan tanaman yang nantinya bakal dibudidayakan. Ini juga dapat disebut sebagai proses perbanyakan tanaman. Cara memperbanyak tanaman dapat dilakukan dengan dua cara yakni generatif (menggunakan biji) serta vegetatif yang menggunakan bantuan tangan manusia.

Di lingkup vegetatif sendiri masih dibagi ke dalam beberapa teknik yaitu : cangkok, stek batang, runduk, stek daun, okulasi serta sambung pucuk (enten). Namun yang menjadi favorit biasanya cangkok serta stek batang karena cara yang digunakan tergolong tidak terlalu susah.

Jika cangkok, jenis tumbuhan yang dapat digunakan ialah tanaman berkayu, sedangkan stek batang biasanya digunakan ketika menemui jenis batang yang usianya sudah cukup tua serta dapat dilakukan stek. Mana yang bakal digunakan? Lakukan sesuai dengan karakteristik masing-masing jenis tanaman. Karena berbeda jenis tanaman yang dibudidayakan maka kebutuhannya juga bakal berbeda-beda.


Penanaman
Bibit tanaman yang sudah dipersiapkan, apabila sudah cukup umur, dapat di tanam di lahan. Penanaman bakal sangat baik jika dilakukan pada pagi hari sebelum matahari terbit atau sore hari sebelum matahari terbenam. Pemilihan waktu tersebut dilakukan dengan pertimbangan guna mengurangi tingkat kerusakan bibit akibat panasnya sinar matahari.

Pemeliharaan
Pemeliharaan tanaman dilakukan dengan melakukan pemupukan, penyiangan, serta pencegahan terhadap serangan hama serta penyakit tanaman. Tentu saja bagaimana cara melakukannya bakal tergantung dari jenis tanaman yang diusahakan.

Panen
Ini ialah masa yang ditunggu-tunggu oleh setiap petani ketika menanam tanaman. Panen dilakukan dengan mengambil daun, buah, batang atau akar tanaman sesuai dengan jenis tanaman yang dibudidayakan.

Untuk pemesanan, hubungi kami melalui kontak yang tersedia berikut:

Chat WhatsApp Kirim SMS Telpon

Komentar (0)

Posting Komentar