Ingin Budidaya Sawo, Tapi Bingung Caranya? Baca Panduan Berikut

Jual Polybag Untuk Pembibitan Tanaman - Lim Corporation

Pohon sawo tumbuh di daerah yang beriklim hangat dan cerah. Bentuk buah sawo yaitu bulat atau berbentuk oval berukuran sekitar 10 cm dengan diameter dan memiliki berat kurang lebih 150 gram, memiliki biji berwarna hitam mengkilap di tengah, dagingnya berwarna cokelat dengan tekstur halus kasar dan memiliki rasa buah yang manis. Pohon sawo dapat berbunga dan berbuah sepanjang tahun. Pohon sawo juga dapat tumbuh hingga ketinggian 2500 mdpl dan tahan terhadap kekeringan, salinitas yang agak tinggi, dan tiupan angin kencang. Buah sawo dapat dimakan dengan kulitnya, selain itu sawo matang juga dapat dibuat jus, sirup, es krim, dan karena memiliki banyak kandungan nutrisi buah sawo juga dapat dimanfaatkan sebagai obat. Berikut cara budidaya sawo di polybag, yang dikutip dari khasiatsehat.com dan faunadanflora.com :

Baca Juga : Lestarikan Alam Lingkungan dan Gunakan Kantong Sampah Plastik

Syarat Tumbuh

Tanaman Buah sawo dapat tumbuh baik pada daerah dengan ketinggian hingga 900 mdpl, dengan curah hujan sekitar 1.250 mm/tahun hingga 2.500 mm/tahun dan dapat tumbuh pada berbagai suhu tetapi jangan terlalu panas karena dapat merusak pertumbuhan sawo. Sawo akan tumbuh dengan baik pada tanah aluvial, berpasir, dan tanah lempung dengan pH antara 6-7.

Pembibitan

Bibit yang tanam biasanya adalah bibit sawo hasil pencangkokan. Siapkan dahulu alat dan bahan seperti: Serat kelapa atau plastik, tali, pisau, cabang tua yang akan di cangkok dan juga media tanam cangkok berupa tanah yang dicampur dengan pupuk kandang.Setelah itu buatlah 2 irirsan atau keratan melingkar pada cabang yang akan dicangkok, kemudian kupas kulit cabang pada bagian yang di kerat setelah itu hilangkan kambiumnya dengan cara dikerik hingga tampilan cabang kering. Diamkan selama 3-5 hari.

Setelah itu, olesi bidang bekas keratan atau sayatan yang kering dengan zat penumbuh akar, lalu ambil pembungkus cangkok yang bisa terbuat dari plastik atau sabut kelapa lalu ikat pada bagian bawah keratan cabang lalu masukan media tanam dan padatkan, kemudian ikat kembali dengan tali bagian atas keratan cabang dan juga bagian tengah bungkusan cangkok dan buatlah lubang kecil dengan jarum. Bibit cangkok akan berakar setelah berumur sekitar 1,5 hingga 3,5 bulan setelah proses pencangkokan. Setelah berakar potong bibit cangkok tepat dibawah bidang karatan cabang.
Klik gambar untuk info lengkap
Lahan Tanam

Gulma pada lahan tanam di bersihkan dahulu, lalu buatlah lubang tanam dengan jarak antar lubang sekitar 10mx10m untuk lahan datar dan 7mx8m untuk lahan miring, untuk ukuran lubang jika tanah pada lahan gembur maka buatlah lubang dengan ukuran sekitar 60x60x60 cm dan apabila tanah lahan berat lubang dibuat dengan ukuran 100x100x100 cm. Jangan lupa saat membuat lubang tanam tanah galian bawah dan galian atas di pisahkan. Biarkan lubang tanam yang telah jadi selama sekitar 2 minggu. setelah sekitar 2 minggu masukkan tanah galian bagian bawah yang telah dicampur dengan pupuk kandang kedalam lubang. Kemudian biarkan kembali selama 1 hingga 2 minggu.

Penanaman

Polybag pada bibit dilepaskan dahulu sebelum penanaman, pelepasan polybag tersebut harus hati-hati agar perakaran tidak rusak dan media tanamnya tidak hancur. Masukkan bibit tepat dibagian tengah lubang tanam yang telah disiapkan kemudian timbun dengan tanah bekas galian lalu padatkan.

Baca Juga : 8 Cara Budidaya Kacang Panjang Supaya Hasil Panen Melimpah

Perawatan

Pemupukan
Lakukan pemupukan pada 3 fase yaitu fase adaptif (berumur 0-3 tahun),fase vegetatif (berumur 4-7 tahun) dan fase reproduktif(Berumur >15 tahun)
Penyiangan
Lakukan penyiangan terhadap gulma atau tanaman pengganggu lainnya di sekitar tumbuhan sawo. Penyiangan tersebut dilakukan sekitar 1-2 bulan setelah tanam. Lakukan juga penyiangan terhadap tanaman pengganggu seperti benalu jika ada.
Penjarangan
Lakukanlah penjarangan terhadap buah, agar tanaman dapat menghasilkan buah yang bermutu dan buah memiliki besar yang optimal.
Pemangkasan
Lakukan pemangkasan agar tanaman tumbuh dengan baik dan serangan hama dan penyakit dapat berkurang. Saat tanaman telah mencapai ketinggian 100-160 cm, lakukan pemangkasan pertama hingga tigginya menjadi 75-150 cm, setelah setahun tunas yang dipangkas tumbuh maka lakukan pemangkasan kembali hingga tanaman menjadi 25-40 cm. Pemangkasan ini dilakukan pada musim hujan.


Pemanenan

Tanaman sawo dapat menghasilkan buah ketika usia 3-5 tahun, sedangkan pada penyambungan buah akan dihasilkan setelah tanaman sawo berumur antara 5-6 tahun. Buah sawo pada umumnya matang tidak bersamaan atau serempak sehingga pemanenan perlu dilakukan secara bertahap dengan memilih buah yang benar-benar tua.

Untuk Anda yang sedang membutuhkan polybag sebagai tempat pembibitan sawo atau tanaman lain, Anda bisa mendapatkan di toko kami. Harga dijamin murah dan kualitas terjamin. Segera hubungi kami untuk info produk lebih lengkap, daftar harga ataupun pemesanan produk.

Customer Service :
081232584950 / 087702821277 / 085233925564
Phone : 031-8830487

Chat via Whatsapp :
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

Untuk pemesanan, hubungi kami melalui kontak yang tersedia berikut:

Chat WhatsApp Kirim SMS Telpon

Komentar (1)