Berminat Punya Taman di Rumah Sendiri? Ini Tips Membuatnya


Mempunyai rumah idaman tentunya jadi keinginan semua orang, entah rumah bergaya minimalis, ataupun rumah yang nampak hijau karena ada taman kecil di sekitarnya. Tantangan untuk membuat taman sendiri memang mungkin akan terlihat berat. Tapi kalau kamu tahu caranya, bukan hal yang tidak mungkin hasil taman buatan kamu bakal terlihat layaknya karya tangan para profesional loh. Untuk itu, buat kamu yang ingin punya taman sendiri di rumah, coba perhatikan tips-tips danm langkah berikut untuk membuat taman sendiri dengan mudah.

Baca Juga :
- Manfaat Luar Biasa dari Tanaman Refugia, Untuk Sawah Anda
- Budidaya Cabai dengan Cara Beda? Dutch Bucket Jawabannya
- Bagaimana Cara Membuat Pohon Pisang Dapat Berbuah Banyak?

1. Cari Inspirasi

Kalau kamu memilih taman kebun bunga, tentukan dulu apakah jenis bunga hias yang kamu pilih merupakan bunga musiman, tahunan, ataupun campuran? Tapi, apapun jenis taman yang kamu ingin dapatkan, mulailah dari skala yang kecil dulu.

2. Tentukan Lokasi

Hampir semua jenis tanaman, baik itu sayur-sayuran ataupun bunga, pasti memerlukan ekspos langsung sinar matahari selama 6 jam tiap harinya. Ambil kira-kira saja 1-2 hari untuk menentukan spot yang paling pas untuk taman. Kalau tak ada spot yang ideal untuk pancaran matahari, pilih saja spot dengan paparan matahari serta sumber air terdekat. Pastikan juga spot ini tidak bersembunyi serta gampang diakses, agar perawatan taman nanti makin praktis serta efisien.

3. Mulai Pembersihan

Bersihkan area-are yang sudah kamu pilih tadi dari sampah serta tumbuhan ilalang kalau ada. Sesudah itu, lembutkan dengan menggunakan tangan/sekop kecil ataupun koran bekas dengan pupuk kompos di atasnya. Gunakan juga sekitar 5 lembar koran bekas serta 10 cm pupuk, yang mana semuanya akan terdekomposisi secara baik dalam kurun waktu selama 3—4 bulan, sekaligus untuk menutupi lahan yang telah bersih tadi.


4. Memperbaiki Lahan

Salah satu yang tidak kalah penting dalam cara membuat taman sendiri yakni memperbaiki kualitas lahan. Hal ini dapat kamu kerjakan dengan memberikan pupuk organik serta memastikan penyebarannya yang merata secara baik. Pupuk organik seperti contoh saja sisa kotoran hewan ataupun sisa daun/rumput yang membusuk dapat juga kamu tambahkan ke permukaan lahan agar tanah jadi penuh nutrisi serta siap menghasilkan.

5. Pilih Tanaman

Pastikan untuk jenis tanaman yang kamu pilih, nampak sesuai dengan iklim serta keadaan cuaca di lingkungan. Kalau memerlukan sumber serta info, berikan sedikit waktu untuk melakukan riset kecil-kecilan saja, entah dari buku ataupun sumber lain yang ada di internet. Dalam melaksanakan cara membuat taman sendiri ini, keinginan untuk mencari ilmu memanglah sangat kamu perlukan.

6. Mulai Menanam

Beberapa bibit tanaman dapat diletakkan secara langsung dalam cara membuat taman sendiri ini, tapi ada juga bibit tanaman yang harus ditumbuhkan sendiri dan terpisah di bibitan kecil, baik itu di kotak kecil atau juga pot-pot individu. Tak ada salahnya kalau kamu bertanya kepada para ahli atau profesional yang tentu sudah mahir dalam hal menanam tanaman, khususnya dari segi kedalaman peletakan tanaman maupun jarak antara satu tanaman dengan yang lainnya.

Untuk pemesanan, hubungi kami melalui kontak yang tersedia berikut:

Chat WhatsApp Kirim SMS Telpon

Komentar (0)

Posting Komentar