Manfaat Luar Biasa dari Tanaman Refugia, Untuk Sawah Anda


Salah satu cara penanganan hama tanaman padi, bisa dilakukan dengan memanfaatkan adanya refugia. Tanaman refugia sendiri adalah tanaman yang tumbuh pada suatu area dan dapat menyediakan tempat perlindungan, sumber pakan, ataupun sumber daya yang lainnya untuk melindungi tanaman utama dari musuh alami seperti predator serta parasitoid.

Teknik dari refugia ini lebih tergolong ekonomis serta juga lebih ramah lingkungan serta kesehatan tentunya, sebab dengan memakai teknik ini, kita tak memakai bahan-bahan kimia yang justru akan merugikan kesehatan. Refugia dapat dirupakan tanaman bunga-bunga yang ada di galangan ataupun pinggir sawah.

Baca Juga :
- Dutch Bucket, Sistem Budidaya Tanaman Modern dan Terpopuler
- Cara Mudah Budidaya Salak, Tanaman Asli Hutan Indonesia
- Budidaya Cabai dengan Cara Beda? Dutch Bucket Jawabannya

Tanaman hias tersebutlah yang akan menarik para serangga, kemudian menjadi tempat hidup serta berlindung musuh alami hama tanaman padi seperti wereng serta penggerek batang. Cara ini sudah diuji coba oleh negara Vietnam dengan menanam tanaman bunga serta sayur di pematang sawah.

Dengan adanya tanaman refugia di pinggir sawah, musuh alami akan lebih sehat serta daya hidupnya lebih lama. Ketika menyerang OPT atau Organisme Pengganggu Tanaman pun lebih gesit daripada tak ada refugia, sebab musuh alami hanya mengkonsumsi pakan di pinggir sawah saja.

Musuh-musuh alami tersebut akan menjadi sahabat petani dalam hal menyerang hama penyakit. Namun, bagaimanakah cara memilih tanaman untuk refugia yang tepat? Tentu banyak alternatifnya, tapi lebih baiknya yakni tanaman yang berbunga. Refugia dengan tanaman berbunga sendiri tak semuanya bisa digunakan sebagai usaha konservasi musuh alami, kadang juga mendatangkan serangga hama yang tak di kehendaki.


Tanaman yang berpotensi besar menjadi refugia ialah tanaman bunga matahari, tanaman kenikir, serta tanaman bunga kertas. Beberapa dari tanaman tersebut mempunyai bunga yang mencolok serta memiliki warna yang digemari musuh alami. Tanaman kacang panjang pun juga ternyata cocok digunakan untuk usaha konservasi musuh alami.

Tanaman kacang panjang ini tentu dapat diambil manfaatnya langsung, maksudnya kacang serta lembayungnya, serta secara tidak langsung yakni sebagai refugia. Kalau kelebihan bunga kertas, selalu mekar serta bunganya beraneka warna, jadi banyak dikunjungi serangga seperti kupu-kupu, semut, kumbang, laba-laba atau lebah.

Kelebihan lain tanaman ini adalah gampang ditanam dan cepat tumbuh, bibit tak sulit diperoleh, regenerasi tanaman tergolong cepat serta kontinyu. Hal lain yang juga perlu diperhatikan dalam menanam tanaman refugia ini ialah jangan terlalu dekat dengan komoditas utama, hal itu supaya tanaman-tanamannya tak saling berebut unsur hara dan air.

Nah, kalau kamu membutuhkan plastik pertanian untuk budidaya tanaman di sawah, kebun, atau greenhouse rumah tanaman, segera hubungi kami untuk memperoleh beragam plastik pertanian dengan harga yang terjangkau dan kualitas terjamin. Untuk bertanya mengenai produk ataupun menanyakan harga dan lain-lain, silahkan hubungi admin kami.

Customer Service :
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 087702821277 / 081232584950 / 085233925564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

Untuk pemesanan, hubungi kami melalui kontak yang tersedia berikut:

Chat WhatsApp Kirim SMS Telpon

Komentar (0)

Posting Komentar