Bagaimana Cara Tepat Menangani Sawah yang Kekeringan?


Musim kemarau memang banyak menyusahkan masyarakat Indonesia akhir-akhir ini, terutama di wilayah Pulau Jawa yang kebanyakan masyarakatnya ialah seorang petani. Karena kemarau, para petani menjadi agak susah dalam merawat sawah mereka.

Para petani yang banyak mengandalkan air hujan untuk pengairan sawah mereka, kini sudah tak dapat berharap lebih kepada hujan, sebab musim kemarau yang datang. Kini mereka sedikit kesulitan untuk membuat sawah mereka tetap teraliri air, tanpa bantuan hujan.

Baca Juga :
- Gunakan Terpal Plastik Untuk Atap Kandang Hewan Qurban
- Memelihara Kebersihan Lingkungan Jadi Tugas Kita Semua
- Cara Mudah Budidaya Tembakau Berkualitas di Lahan Bedengan

Berita sedihnya, banyak juga para petani yang jadi merugi akibat dari musim kemarau ini. Sawah mereka yang kekurangan air, menjadi kendala utama kenapa tanaman-tanaman yang mereka tanaman menjadi gagal panen serta merugi.

Namun, sebetulnya hal tersebut dapat diatasi dengan sedikit usaha yang tentu akan berdampak lebih baik untuk sawah. Cara yang paling jitu ialah dengan menerapkan irigasi. Irigasi sendiri tentu mempunyai banyak jenis, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penuturan berikut.

Irigasi Permukaan
Cara irigasi ini merupakan teknik yang tertua di Indonesia serta paling banyak digunakan. Cara kerjanya pun juga sangat mudah, yakni dengan mengambil air sungai sebagai sumbernya. Air sungai tersebut kemudian dibendung untuk disalurkan lewat Selang Drip atau parit ke area pertanian serta sawah-sawah yang ada di sekitarnya. Irigasi permukaan memanfaatkan gravitasi, sehingga sawah atau lahan dengan permukaan lebih tinggi akan mendapatkan air terlebih dahulu. Selain itu, juga ada penjadwalan debit air supaya irigasi lancar serta merata.

Irigasi Lokal
Pada dasarnya cara kerja dari irigasi lokal ialah sama seperti irigasi permukaan, yakni menggunakan pipa dari sumber air ke lahan pertanian tertentu. Prinsipnya juga menitikberatkan pada gravitasi, artinya bila daerah tersebut lebih tinggi maka lahan itulah yang akan mendapatkan air terlebih dahulu. Bila irigasi permukaan mencakup hampir sebagian besar area pertanian yang luas, maka irigasi lokal akan mengaliri area pertanian dengan cakupan yang lebih kecil semisalnya satu area pertanian atau satu petak sawah.


Irigasi Bawah Permukaan
Kedua ialah irigasi bawah permukaan dengan cara memanfaatkan pengairan pada lapisan tanah. Caranya ialah dengan meresapkan air ke dalam tanah di bawah daerah akar dengan pipa maupun saluran terbuka. Pipa yang digunakan biasanya memiliki diameter 10 sentimeter serta tebalnya 1 sentimeter. Sistem irigasi ini sangat cocok diterapkan di daerah yang memiliki tekstur tanah sedang sampai kasar supaya tak terjadi penyumbatan pada lubang air. Irigasi bawah permukaan juga cocok untuk tanah dengan kadar garam rendah.

Irigasi Tetes
Terakhir ada irigasi tetes yakni menyalurkan air ke lahan pertanian menggunakan pipa atau juga dapat dengan Selang Drip berlubang serta diatur dengan tekanan tertentu. Dengan cara inilah air dari pipa akan muncul dalam bentuk tetesan serta langsung mengarah pada bagian tanaman. Tujuannya supaya air dapat langsung menuju ke akar tanaman, sehingga tak membasahi lahan serta mencegah air terbuang karena penguapan. Keunggulan dari irigasi ini ialah cocok digunakan untuk tanaman di masa awal pertumbuhannya.

Irigasi Pompa Air
Banyak petani yang menggunakan cara ini karena cukup mudah serta ringkas. Anda cukup mengalirkan air dari sumbernya baik itu dari sumur air, ataupun sungai ke lahan pertanian dengan menggunakan pompa air yang disalurkan lewat pipa. Apabila sumber air ini melimpah serta tak kering saat kemarau sekalipun, maka dapat dijadikan sumber untuk irigasi dengan menggunakan pompa air. Selain dengan pipa, Anda pun juga dapat memakai Selang Drip untuk mengalirkan air dari pompa ke sawah Anda.


Jika Anda sedang membutuhkan alat untuk membantu irigasi di sawah Anda, sangat disarankan menggunakan Selang Drip sebagai media pengaliran air dari sumber air ke sawah Anda. Mengapa harus Selang Drip? Hal tersebut karena selang ini dibuat dengan bahan khusus yang menjadikan kuat dan awet saat digunakan. Dan jika Anda sedang membutuhkan Selang Drip yang berkualitas namun dengan harga yang bersahabat, Anda dapat langsung menghubungi kami disini. Untuk spesifikasi dan daftar harga, silahkan klik disini atau gambar diatas.

Untuk pemesanan, hubungi kami melalui kontak yang tersedia berikut:

Chat WhatsApp Kirim SMS Telpon

Komentar (0)

Posting Komentar