Hati-Hati! 5 Tanaman Beracun Ini, Jangan Sembarang di Tanam di Halaman

Menata halaman rumah dengan tanaman hijau memang sangat menyenangkan. Selain sebagai pemercantik, tanaman juga bisa membawa kesejukan dan kesegaran. Namun, tidak semua tanaman aman untuk ditempatkan di pekarangan ataupun halaman, terutama jika Anda memiliki anak kecil atau hewan peliharaan yang suka survive. Berikut beberapa tanaman memiliki racun yang bisa berbahaya jika tidak sengaja menyentuh/mematahkannya.

Baca Juga:

1. Oleander (Nerium oleander)

Oleander adalah tanaman hias yang cantik dengan bunga bermacam warna seperti merah, pink, orange ataupun putih. Perlu di ingat, semua bagian tanaman ini sangat beracun, mulai dari daun, batang, ranting maBAikhingga bunganya. Reaksi racunnya bisa menyebabkan mual, muntah, diare, gangguan irama jantung, bahkan kematian jika terpapar asap pembakaran ataupun tidak sengaja memakan kudapan tanpa mencuci tangan dengan bersih terlebih dahulu.

  • Gejala Keracunan: Mual, muntah, diare, detak jantung tidak teratur.
  • Tips Pencegahannya: Letakkan di tempat yang paling sulit dijangkau oleh anak-anak serta hewan peliharaan Anda.


2. Dumb Cane (Dieffenbachia spp.)

Tanaman yang sering disebut sebagai daun bahagia atau bunga bahagia ini sering dijadikan tanaman hias indoor maupun outdoor. Getah yang dihasilkan dari daun dan batangnya bisa menyebabkan iritasi kulit, pembengkakan lidah dan tenggorokan, serta kesulitan bernapas jika tertelan.

  • Gejala Keracunan: Iritasi kulit, pembengkakan mulut dan tenggorokan, kesulitan bernapas.
  • Tips Pencegahannya: Gunakan sarung tangan saat memotong atau merawat tanaman ini dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.


3. Philodendron

Tanaman ini populer sebagai tanaman hias dalam ruangan karena perawatannya yang mudah. Di balik kemudahannya tanaman ini mengandung kalsium oksalat yang bisa menyebabkan iritasi mulut, pembengkakan/alergi, dan masalah pencernaan jika tidak sengaja tertelan bagian daun ataupun batangnya.

  • Gejala Keracunan: Iritasi mulut, pembengkakan bibir, lidah, tenggorokan, dan sakit perut.
  • Tips Pencegahannya: Tempatkan di area yang tidak bisa dijangkau oleh anak-anak dan hewan peliharaan Anda

4. Lily of the Valley (Convallaria majalis)

Bunga lily of the valley sangat indah dan harum. Namun, seluruh bagian tanaman ini beracun mulai dari bagian daun, batang, hingga bagian akarnya. Gejala yang dialami ketika tidak sengaja tertelan walaupun itu bagian kecil dari tanam ini bisa menyebabkan mual-mual, muntah di sertai nyeri sendi, sakit perut, diare, dan gangguan pada jantung.

  • Gejala Keracunan: Mual, muntah, sakit perut, diare, detak jantung tidak teratur.
  • Tips Pencegahannya: Pastikan anak-anak dan hewan peliharaan tidak bermain di dekat tanaman ini.

Plastik uv sering dipakai dalam media greenhouse, selain itu dapat melindungi tanaman dari jangkauan anak anak, hingga hewan peliharaan. Yuk cek harganya disini sekarang juga!

5. Hydrangea

Bunga hydrangea memiliki warna yang menawan dan sering dijadikan hiasan pada taman. Akan tetapi dibalik keindahannya daun dari tanaman ini mengandung racun sianida yang bisa menyebabkan efek mual, muntah, diare, bahkan bisa terkena asma secara mendadak jika tak sengaja tertelan bunganya.

  • Gejala Keracunan: Mual, muntah, diare, hingga masalah pernapasan.
  • Tips Pencegahannya: Hindari menanam tanaman hydrangea jika memiliki hewan peliharaan yang suka bermain dan mengunyah tanaman.

Tips Umum untuk Menjaga Keamanan di Halaman

  • Kenali Tanamanmu: Sebelum membeli dan menanam tanaman hias baru, cari tahu melalui beberapa referensi internet terlebih dahulu, apakah tanaman tersebut beracun atau tidak.
  • Penempatan yang Tepat: Jika tetap memilih menanam pastikan meletakkan tanaman beracun di tempat yang sulit dijangkau oleh anak-anak maupun hewan peliharaan.
  • Gunakan Penghalang: Jika memungkinkan, coba gunakan pagar kecil atau pot tinggi untuk membatasi akses ke tanaman beracun.

Dengan mengetahui tanaman mana yang beracun dan bagaimana cara menanganinya, Anda bisa tetap menikmati keindahan halaman tanpa rasa khawatir. Selalu berhati-hati dan utamakan keselamatan keluarga dan hewan peliharaan!

Posting Komentar

0 Komentar