Lebih Baik dari Kaca, Ini Keuntungan Greenhouse dengan Plastik UV

Toko Platik Kebutuhan Pertanian - Lim Corporation

Greenhouse atau yang sering dikenal dengan rumah kaca sekarang ini bukanlah barang baru bagi pelaku agribisnis, terutama agribisnis bidang hortikultura seperti sayuran dan tanaman hias. Walaupun seperti itu, hal tersebut tak menjamin bahwa semua petani Indonesia mengetahui tentang greenhouse ini. Jangankan mengerti manfaatnya, bahkan mungkin melihatnya saja belum pernah juga. Cocok dengan pertimbangan tersebut, dalam bahasan ini kami akan ulas gambaran umum terkait apa sebetulnya dan manfaat dari green house untuk penunjang agribisnis kita.

BACA JUGA:
Greenhouse pada umumnya yakni sebuah bangunan yang terbuat dari bahan kaca ataupun plastik yang sangat tebal dan menutup seluruh dari pemukaan bangunan, baik atap maupun dindingnya. Didalamnya dilengkapi juga dengan peralatan pengatur temperature dan kelembaban udara serta distribusi air serta pupuk. Bangunan ini termasuk bangunan yang sangat langka dan juga mahal, karena tak semua tempat yang kita jumpai bisa menemukan bangunan semacam ini. Greenhouse umumnya hanya sebagaian besar dimiliki oleh Perguruan Tinggi serta lembaga pendidikan, Balai Penelitian dan perusahaan yang bergerak dalam bidang bisnis perbenihan, bunga serta fresh market hortikultura.

Material atau bahan untuk membangun greenhouse sendiri sangatlah bermacam - macam, apabila pada awal kemunculannya greenhouse dibangun menggunakan material besi sebagai kerangka serta material kaca untuk dinding dan atap. Sekarang greenhouse segera dibangun dengan material yang bisa dipaskan dengan biaya dan kondisi lingkungan. Semisal saja di Indonesia yang adalah negara tropis, greenhouse tidak dibangun dengan material kaca pada atapnya.

Mengapa seperti itu? Sebab material atau bahan dari kaca akan memperangkap sinar matahari terlalu banyak sementara itu panas matahari di negara tropis seperti indonesia sudah sangat cukup bahkan bisa berlebih. Jadi bila greenhouse dibuat dari material kaca akan membuat tanaman didalam green house mengalami radiasi matahari yang berlebih. Hal tersebut membuat greenhouse yang ada di Indonesia sedikit berbeda dengan greenhouse di negara asalnya.

Di negara Indonesia umumnya green house dibangun dengan memakai material atau bahan kayu, bambu ataupun pipa PVC sebagai kerangka greenhouse. Sedangkan untuk material atap ataupun dinding bisa terbuat dari plastik jenis PE, paranet dan yang terbaru ini yaitu plastik green house dengan UV stabilizer atau sering disebut dengan plastik UV. Pemakaian material ini tak hanya bertujuan untuk menyesuaikan kondisi lingkungan di Indonesia juga berfungsi untuk menekan biaya pembangunan greenhouse yang terbilang sangat mahal.

Berbicara tentang material greenhouse sekarang ini tersedia material baru untuk atap greenhouse. Apakah material baru tersebut? Material atau bahan baru ini sering dikenal dengan istilah plastik UV. Plastik UV sering juga disebut sebagai plastik film rumah kaca karena plastik ini transparan seperti kaca. Plastik UV yaitu plastik khusus untuk greenhouse yang dilapisi bahan kimia tertentu. Penambahan bahan kimia ini fungsinya untuk melindungi tanaman dari sinar ultra violet yang terlalu berlebihan. Plastik ultra violet mempunyai kandungan UV bermacam-macam seperti kandungan UV 6% dan kandungan UV 14%. Kandungan UV 6% berarti plastik UV ini mampu menahan sinar ultra violet dari matahari sampai 6% sedangkan plastik UV yang mengandung 14% itu artinya plastik UV ini mampu menahan sinar ultra violet sampai 14%.


Kondisi plastik UV yang seperti ini membuat plastik UV banyak diminati oleh para pembuat greenhouse di Indonesia. Dengan memakai plastik UV sebagai material atau bahan pengganti kaca maka greenhouse akan terhindar dari sinar ultra violet yang terlalu berlebih dan tanah pun akan terhalang dari sinar matahiri secara langsung. Kondisi seperti ini akan membawa dampak positif bagi pertumbuhan tanaman. Tak hanya itu harga plastik UV yang terjangkau juga akan membawa dampak positif bagi para petani ataupun pembuat greenhouse.

Karena karakter plastik ultra violet yang seperti inilah yang membuat plastik tersebut cocok dijadikan sebagai material atau bahan pengganti kaca untuk atap greenhouse, dengan kombinasi bahan kimia yang ada didalam plastik ini maka tanaman akan terlindungi dari kontak langsung dengan sinar matahari maupun air hujan. Kondisi ini akan menghindarkan tanaman dari kelayuan karena panas yang berlebih ataupun patah sebab terkena air hujan secara langsung.

Membahas lebih jauh lagi tentang plastik UV, sekarang kita akan beralih mengenal ukuran dari plastik tersebut. Plastik UV mempunyai ukuran yang bermacam-macam seperti ukuran 150cm dalam keadaan terlipat dan 300cm dalam keadaan terbuka. Ada juga plastik UV dengan ukuran 200 dalam keadaan terlipat dan 400cm dalam keadaan terbuka. Umumnya ukuran plastik UV terbuka 2 kali ukuran plastik UV tertutup. Untuk ketebalannya, plastik UV atau plastik ultra violet mempunyai ketebalan rata-rata 170 mikron.

Jika dibandingkan dengan jenis plastik lain, plastik UV bisa bertahan sekitar 3-5 tahun saat dijadikan sebagai atap greenhouse. Karena karakteristik dari plastik UV yang lebih tebal, bagus dan anti pecah walaupun terpapar sinar matahari dan terkena hujan secara langsung. Kandungan UV stabilizer yang ada didalam plastik UV membuat plastik ini lebih tahan lama pada sinar matahari, radiasi matahari dan paparan sinar ultra violet.

Jual Plastik Kebutuhan Pertanian
* Info selengkapnya mengenai harga Plastik UV klik DISINI

Jika Anda Memerlukan atau Ingin Menggunakan Plastik UV untuk Greenhouse atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan bahan yang berkualitas Anda bisa menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan Hari Besar Kami Tutup)

Customer Service: 
Telp: 031 - 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00)
Mobile: 0852 3392 5564 / 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan Admin kilik salah satu tuntan berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

CATATAN:
- Minimal order 3 roll
- Harga Franco Surabaya
- Harga netto (tidak termasuk PPN )
- Harga tidak mengikat bisa berubah sewaktu-waktu

Posting Komentar

0 Komentar