Tertarik Budidaya Ikan Nila? Perhatikan Dahulu 3 Hal Penting Ini


Persiapan teknis memiliki peran penting dalam menunjang kesuksesan budidaya ikan nila. Dengan persiapan yang benar, risiko kegagalan pun bakal semakin kecil. Langkah awal yang harus Anda lakukan dalam rangka persiapan teknis ialah mengetahui persyaratan minimal yang harus dipenuhi oleh para pembudidaya dalam memelihara ikan nila supaya target pemeliharaan ikan nila ukuran 500 gram ke atas bisa dicapai. Berikut 3 persyaratan penting yang harus Anda penuhi untuk menyukseskan budidaya nila, yang dikutip dari pertanianku.com :

Baca Juga : Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Pada Tanaman Kedelai

1. Lokasi
Lokasi menjadi hal yang sangat penting karena faktor tersebut adalah investasi pertama milik Anda. Lokasi budidaya harus terjamin ketersediaan airnya serta keamanannya, lebih baik lokasi berada di dalam zona ataupun daerah yang memang untuk wilayah perikanan. Atau untuk Anda yang tinggal didaerah minim lahan, pakai saja terpal plastik untuk membuat kolam terpal milik Anda sendiri

2. Air
Ketersediaan air yang kualitasnya terjamin juga sangat dibutuhkan. Kalau hal ini tak dapat dipenuhi, pembudidaya membutuhkan upaya yang lebih banyak untuk pengadaan media air sehingga akan lebih membebani ongkos produksi dalam usahanya. Parameter kualitas air yang menentukan budidaya nila yakni kandungan oksigen > 3 ppm, kadar nitrit <0,5 ppm, pH di atas 6-8, serta temperatur air sekitar antara 26-30°C.

Baca Juga : Paranet Untuk Jaring Dasar Kolam Tambak Anda

3. Benih
Sesudah lokasi serta air, persyaratan ketiga yang perlu dipenuhi yakni kualitas benih yang dipakai diharapkan memiliki laju pertumbuhan harian antara 2-5 gram tiap hari. Oleh sebab itu, dibutuhkan jenis-jenis ikan nila unggul yang dihasilkan dari program pemuliaan yang memiliki target pada ikan nila dengan ukuran di atas angka 500 gram.

Jika hanya memakai ikan nila hasil pemuliaan dengan spesifikasi pasar lokal dengan ukuran sekitar 200-300 gram, dikhawatirkan dalam pengembangannya kelak, sesudah ukuran tersebut, pertumbuhan harian ikan nila menjadi lebih lambat. Dengan demikian, bakal diperlukan waktu yang lebih lama untuk mencapai ukuran di atas angka 500 gram tiap ekor.

Posting Komentar

0 Komentar