Cara Menanam dan Merawat Bunga Matahari Anti Hama


Bunga matahari telah dibudidayakan dalam skala yang besar. Mengingat jenis tanaman ini memiliki manfaat yang tidak sedikit. Dimana selain sebagai tanaman hias, bunga ini mempunyai peranan yang baik dalam menjaga kesehatan. Dimana hampir semua bagian tumbuhan dapat dimanfaatkan dalam bidang kesehatan. Pasalnya tanaman hias ini berkhasiat dalam menurunkan beberapa penyakit, seperti darah tinggi, kanker, melancarkan saluran kemih dan rasa sakit atau nyeri.

Pada bagian bijinya, dapat diolah menjadi camilan kwaci yang banyak disukai. Selain rasanya yang gurih, bijinya memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan yaitu vitamin E serta C yang berguna sebagai antioksidan ganda. Nah untuk Anda yang tertarik untuk menanam bunga matahari, berikut beberapa cara menanam bunga matahari dengan benar yang dikutip dari tanamania.com dan farming.id :

Pemilihan Lahan

- Lokasi menjadi faktor penentu budidaya bunga matahari.
- Untuk tanaman hias bisa ditanam di pot untuk memudahkan perawatan dan bisa diletakkan dimana saja sesuai keinginan namun harus terkena sinar matahari yang cukup.
- Untuk budidaya disarankan untuk menanam di tanah langsung atau di lahan agar mampu mencakup banyak pohon.
- Bunga matahari mampu tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut, namun akan lebih optimal dibudidayakan di dataran tinggi dengan kelembaban tinggi dan sinar matahari yang cukup.
- Lahan tidak perlu naungan dan harus terbuka dimana selalu terpapar sinar matahari. Karena memang bunga matahari merupakan jenis bunga yang membutuhkan sinar matahari sebagai kebutuhan pokok.
- Usahakan lahan memiliki tanah yang gembur dan subur untuk membantu pertumbuhan bibit bunga nantinya agar mampu menghasilkan bunga yang mekar sempurna. Tambahkan pupuk kandang sebagai pupuk dasar bila diperlukan.

Baca Juga : Tahapan Praktis Cara Budidaya Durian Supaya Berbuah Lebat

Pemilihan Benih

- Terdapat beragam jenis bunga matahari yang memiliki warna bunga beragam, diantaranya Sunflower Hello yang menghasilkan bunga warna kuning terang, Sunflower Pro Cut Red yang menghasilkan bunga warna merah gelap, Sunflower Red and Lemon yang menghasilkan bunga warna merah gelap di bagian tengah dan warna kuning di bagian tepi.
- Bibit bunga bisa didapat dari toko bibit maupun dari benih yang berasal dari biji bunga matahari. Namun untuk menghasilkan tanaman yang ideal bisa membuat bibit sendiri menggunakan biji tersebut agar mampu tumbuh sesuai keinginan.
- Biji yang baik untuk dijadikan benih berasal dari bunga pertama induk yang sudah tua dengan jenis bunga sesuai keinginan. Benih tersebut disemai di dalam pot yang bertanah gembur. Tutup setiap benih yang sudah berkecambah dengan botol air mineral bekas untuk menjaga kelembaban. Bibit akan tumbuh dan siap dipindahkan di lahan jika sudah tumbuh 15 cm sampai 20 cm.

Baca Juga : Budidaya Pepaya di Greenhouse, Menjadikan Buah Lebih Sehat

Lubang & Jarak Tanam

- Lubang tanam dibuat untuk memudahkan penanaman bibit dan membantu pertumbuhan awal bunga matahari.
- Kedalaman lubang jangan terlalu dalam, cukup 5 cm dan lebar 10 cm karena bibit juga tidak terlalu besar ukurannya.
- Jarak tanam antar lubang yang ideal adalah 1 meter untuk ruang tumbuh tanaman dan juga mendapatkan sinar matahari. Jika jarak tanam terlalu rapat bunga yang dihasilkan akan berukuran kecil dan tanaman bisa kerdil.


Penanaman

- Penanaman bibit dimasukkan ke dalam lubang tanam yang usah disiapkan dan ditutup lagi dengan tanah.
- Penanaman sebaiknya dilakukan di pagi atau sore hari untuk menghindari tanaman dehidrasi.
- Berikan penyangga jika tanaman terlihat kurang sehat untuk membantu tumbuh tegaknya.

Jual Insectnet atau Jaring Kasa Murah

Pemeliharaan

- Penyiangan, dilakukan untuk mengendalikan gulma yang tumbuh di sekitar tanaman budidaya.
- Penyiraman, dilakukan di pagi dan sore hari jika diperlukan agar tanah selalu dalam kondisi lembab.
- Pemupukan, dilakukan jika tanaman sudah berumur sekitar 1 bulan dengan pupuk zat dengan takaran 25 gram/tanaman dan ketika sudah berumur 1,5 bulan dengan pupuk TSP dengan takaran 15 gram/tanaman.
- Pencegahan hama, Anda bisa memasang insect net atau jaring kasa di sekitar tanaman bunga matahari Anda untuk mencegah burung atau serangga lain merusak bunga matahari Anda.

Untuk pemesanan, hubungi kami melalui kontak yang tersedia berikut:

Chat WhatsApp Kirim SMS Telpon

Komentar (0)

Posting Komentar