Saking Jernihnya, Ikan Koi Bisa Hidup di Selokan Pedesaan Jepang


Apakah yang terlintas di benak kamu saat mendengar kata selokan? Pastinya kotor dan bau ya kan? Apalagi selokan-selokan di Indonesia, duh nggak banget deh. Tapi jika selokan di jepang beda banget loh, bedanya 180 derajat dengan selokan di Indonesia.

Memang apa bedanya? Saking terawat dan bersihnya selokan-selokan di pedesaan Jepang, beberapa ikan pun ternyata dapat diternakkan loh. Salah satunya adalah ikan koi. Mungkin kamu belum yakin dan hampir tak percaya, tapi memang benar begitu adanya.

Baca Juga :
- Cara Seru Budidaya Butternut, Simple dan Menguntungkan
- Cara Mudah Budidaya Salak, Tanaman Asli Hutan Indonesia
- Pembibitan Hingga Panen, Ini Cara Lengkap Budidaya Bengkoang

Saking jernih dan bersihnya air selokan di Jepang, mungkin pantas dijuluki sebagai selokan terbersih di dunia ya. Jika kamu berkunjung kesana, kamu dapat melihat ikan-ikan koi yang hidup tentram di saluran got alias selokan rumah warga.

Dikutip dari kejadiananeh.com, asal usul selokan jernih dan bersih yang rata-rata hampir setiap pedesaan di Jepang dapat kamu temui sudah ada sejak zaman dulu. Masyarakat Jepang memang dikenal sangat bersih dan membuang sampah sembarangan bukanlah budaya mereka.


Mereka senang diajak bergotong royong untuk membersihkan pekarangan, selokan, jalan setapak disekitar tempat tinggal mereka. Dan di selokan got inilah mereka manfaatkan untuk berternak ikan-ikan, seperti contoh ikan koi. Mereka tak khawatir jika ikan-ikan ini nantinya dicuri orang lain.

Padahal jika ada yang berniat jahat, mudah sekali untuk mencuri ikan-ikan ini. Karena tak ada jaring kawat pengaman sama sekali. Disana memang hal seperti itu sangat jarang ditemui, tingkat kriminal di jepang sangatlah sedikit sekali.

Yang jadi pertanyaan, kok dapat air selokannya bersih gitu ya? Bukannya saat kamu mencuci piring, pakaian, atau saluran ethernit di genteng itu jatuhnya air bukannya tetap berujung di selokan got? Seperti contoh sekolan-selokan di Indonesia.


Bukan Jepang jika tak kreatif, mereka mempunyai cara supaya air dan limbah sisa rumah tangga tak tercampur ke selokan depan rumah. Jadi setiap selokan dimasing-masing rumah warga terdapat 2 pipa saluran air. Pada bagian atas khusus air bersih dan pipa bawahnya untuk limbah dan sisa-sisa kotoran rumah.

Jadi kolam ikan di selokan yang sumber airnya berasal dari air bersih sekaligus air hujan tak akan pernah bercampur dengan air sisa-sisa limbah rumah. Selain kebiasaan baik gotong royong masyarakat Jepang, ada campur tangan saluran pipa terpisah yang menjadi andil terbesar dalam menjaga kebersihan selokan air.

Akan tetapi, tentu saja fasilitas ini tak gratis karena setiap rumah dikenakan biaya ekstra dari Pemerintah untuk membuang limbah rumah tangganya. Makanya jangan kaget jika pernah mendengar berita heboh air banjir di Jepang jauh lebih bersih dari air kolam renang.

Kira-kira kalau diterapkan di Indonesia, hasilnya bagaimana ya?

Untuk pemesanan, hubungi kami melalui kontak yang tersedia berikut:

Chat WhatsApp Kirim SMS Telpon

Komentar (0)

Posting Komentar