Tahukah Kamu? Ini 6 Pakan yang Baik Untuk Hewan Kurban


Hari-hari menjelang Idul Adha seperti ini, pastinya banyak para peternak yang mulai menjual sapi dan kambing mereka ke masyarakat yang ingin berkurban.

Idul Adha adalah hari perayaan kurban bagi Umat Islam. Di hari tersebut, kambing-kambing dan sapi-sapi yang menjadi hewan kurban akan di sembelih dan dagingnya nanti dibagikan secara gratis.

Dalam hal merawat ternak-ternak mereka tentu ada banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum ternak mereka siap jual. Salah satu yang para peternak siapkan adalah kondisi fisik para ternak.

Baca Juga :
- Hama-hama Menakutkan yang Sering Menyerang Tanaman Karet
- Apa Keuntungan Bercocok Tanam Menggunakan Greenhouse?
- La Tomatina, Festival Unik dengan "Senjata" Berupa Tomat

Ketika merawat hewan ternak, peternak tidak bisa seenaknya memberi pakan yang tidak tahu menfaatnya. Hewan ternak perlu diberi pakan yang baik dan berguna untuk menjaga kesehatan mereka.

Nah, untuk mengetahui pakan-pakan apa saja yang baik untuk hewan ternak, berikut kami berikan ulasannya untuk Anda. Berikut daftar pakan-pakan yang cocok untuk hewan ternak kurban.

1. Daun Singkong
Daun singkong memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan baik untuk makanan kambing. Daun singkong juga berfungsi sebagai anticacing dan meningkatkan daya tahan pencernaan kambing terhadap mikroorganisme jahat. Sebaiknya daun singkong dibiarkan sehari sampai layu baru bisa digunakan sebagai makanan kambing.

2. Jerami
Jerami merupakan salah satu limbah yang memiliki manfaat sebagai pakan fermentasi untuk ternak sapi. Jerami adalah salah satu limbah pertanian yang paling mudah difermentasi.

3. Rumput Gajah
Rumput gajah toleran terhadap berbagai macam jenis tanah. Rumput gajah dapat tumbuh dari dataran rendah hingga dataran tinggi, yang tahan terhadap lingkungan sedang, serta curah hujan yang cukup, suka dengan tanah lempung yang subur, tetapi tidak tahan terhadap genangan.


4. Bonggol Jagung
Tongkol, tangkai atau bonggol jagung kering bisa dijadikan bahan pokok untuk membuat pakan fermentasi. Karena sudah banyak peternak yang memanfaatkan Tangakai Jagung kering sebagai bahan pakan fermentasi untuk ternaknya.

5. Daun Turi
Daun turi sangat baik untuk makanan kambing, terutama saat akhir masa kehamilan kambing dan awal masa laktasi. Kandungan protein kasar pada bentuk segar, serat kasar pada bentuk tepung serta memiliki kandungan energi tinggi membuat daun turi kambing cepat gemuk. Daun turi dapat diberikan pada kambing dalam bentuk segar ataupun yang telah dijadikan tepung.

6. Dedak Padi
Dedak memiliki kandungan gizi yang tinggi, dan selama ini hanya kerap dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Dedak padi merupakan bahan pakan yang telah digunakan secara luas oleh sebagian peternak di Indonesia. Sebagian bahan pakan yang berasal dari limbah agroindustri. Dedak mempunyai potensi yang besar sebagai bahan pakan sumber energi bagi ternak.

Aspek lain yang harus diperhatikan pada perawatan hewan ternak adalah kandangnya. Buatlah kandang senyaman mungkin agar hewan ternak tidak mudah stress dan tetap sehat. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah memasang Plastik UV pada atap kandang, agar suhu kandang tetap terjaga dengan baik, entah dalam kondisi panas ataupun hujan.

Untuk pemesanan, hubungi kami melalui kontak yang tersedia berikut:

Chat WhatsApp Kirim SMS Telpon

Komentar (0)

Posting Komentar