Tahukah Kamu? Ternyata Ini Perbedaan Pipa PVC dengan HDPE


Dilema ketika membangun sebuah rumah impian yaitu menentukan pipa mana yang paling tepat. Peran pipa air memang sangat vital. Pipa yang baik akan membuat saluran air lancar dan rumah nyaman untuk ditinggali. Bicara mengenai pipa, ada banyak jenisnya di pasaran. Satu diantaranya yang populer yaitu pipa PVC, yang banyak dipakai di rumah-rumah.

Namun dengan semakin berkembangnya jaman, sekarang ada juga pipa HDPE. Keduanya dianggap cukup penting dalam mengalirkan air dari dalam atau ke luar rumah. Nah, mana yang sebaiknya dipilih sesuai dengan kebutuhan atau keperluan kamu? Untuk itu, berikut pengertian dan perbedaan dari pipa PVC dengan pipa HDPE yang perlu kamu ketahui.

Pipa PVC

Pipa PolyVinyl Chloride, atau disingkat PVC, merupakan pipa yang sangat populer di dunia. Kelebihan dari pipa ini yaitu ringan dan kuat, tidak gampang terkena korosi air sebab terbuat dari plastik. Tak heran jika pipa PVC selalu menjadi pilihan utama bagi proyek-proyek perumahan di seluruh Indonesia.

Pipa ini juga sangat tepat dipakai untuk saluran kamar mandi, pembuangan dapur, dan lain sebagainya. Pemasangannya yang hanya memakai lem perekat membuat pipa PVC lebih dipilih ketimbang pipa besi yang harus disolder.


Pipa HDPE

Pipa HDPE Merupakan singkatan dari High Density Polyethylene yaitu pengembangan dari PE. Pipa ini terbuat dari plastik dengan elastisitas tinggi jadi bisa digulung. Pipa HDPE sendiri lebih sering dipakai untuk keperluan proyek PDAM, pertanian, sampai irigasi.

Pemilihan pipa HDPE ini karena bahan plastiknya non-toxic jadi aman untuk air konsumsi rumah tangga. Hal ini menutup kekurangan pipa besi yang gampang berkarat dan membahayakan jika sampai terminum manusia.

Karena elastis dan kuat, pipa HDPE banyak dipakai masyarakat yang tinggal di lingkungan dengan kontur tanah bebatuan yang curam, rawan gempa, longsor, dan tanah labil.

Keberadaan pipa HDPE sudah diakui keunggulannya dan sering dipakai untuk pipa industri, perkebunan, sampai pertanian karena bentuknya yang cocok dipakai untuk kondisi lahan yang cukup sulit.

Posting Komentar

0 Komentar