Hand Sanitizer di Toko, Habis? Buat Aja Sendiri, Ini Caranya!


Sejak pertama kali dilaporkan di kota Wuhan, Cina pada Desember 2019 lalu, virus corona (COVID-19) telah menjadi masalah kesehatan global. Menurut informasi terbaru yang diberikan oleh Worldometer, wabah ini bertanggung jawab atas 169.610 kasus infeksi serta 6,518 kematian yang sebagian besar terjadi di Tiongkok dan sisanya tersebar di lebih dari 110 negara.

Di Indonesia, infeksi telah mencapai 117 kasus dan 5 kematian akibat virus corona. Virus ini bisa dicegah dengan rajin cuci tangan, memakai masker, dll. Sanitizer jadi benda penting ditengah wabah yang melanda ini. Namun sayangnya, kini sanitizer seperti hand sanitizer cukup sulit didapatkan, bahkan jika ada di toko, harganya naik sampai 3x lipat dan bisa lebih.

Baca Juga :
- Tips Memilih Lokasi yang Tepat untuk Menanam Jagung
- Kurangi Volume Limbah dengan Pengolahan Sampah Menjadi Listrik
- Ternyata Ketan Hitam Memiliki Banyak Manfaat, Sudah Tau?

Oleh sebab itu, kamu bisa membuat hand sanitizer sendiri di rumah. Kabarnya, hand sanitizer bisa membunuh kuman hingga 80%. Pertanyaannya, bagaimana cara membuat hand sanitizer sendiri, apa saja yang diperlukan? Tenang, tidak perlu bingung. Kamu bisa membuatnya sendiri dengan memakai lidah buaya dan mengikuti langkah-langkah berikut kok.


TEKNIK PEMBUATAN PERTAMA

Bahan :
- Alkohol 70%
- Gel aloe vera atau lidah buaya
- Essensial oil dari kulit lemon atau bunga

Cara Pembuatan :
- Siapkan bahan alkohol 70%, gel lidah buaya, serta potongan kulit lemon dengan perbandinngan 1:3. Misal 50 gram gel aloe vera, jadi alkohol 70% nya 150 mililiter.
- Campurkan semua bahan dan aduk selama 15 menit.
- Diamkan sejenak dan beri essensial kulit lemon yang sudah diperas.
- Hand sanitizer siap dipindahkan ke wadah semprot dan sejenisnya.


TEKNIK PEMBUATAN KEDUA

Bahan :
- 3/4 cangkir isopropil atau alkohol gosok 99%
- 1/4 cangkir gel lidah buaya
- 10 tetes minyak esensial, bisa minyak lavender atau jus lemon

Cara Pembuatan :
- Campurkan isopropil alkohol, gel lidah buaya (untuk membantu kulit tetap lembut dan juga halus), dan minyak esensial ke dalam mangkuk bersih dan steril.
- Aduk dengan sendok sampai tercampur rata.
- Masukkan campuran tersebut ke dalam botol plastik bersih dan steril dengan corong.
- Campuran pembersih tangan siap digunakan. Namun sebagai catatan, untuk menjaga campuran tersebut tetap higienis, jangan pernah menyentuh bahan campuran tadi dengan tangan sampai siap digunakan.

Bagaimana, mudah bukan? 2 teknik diatas bisa kamu gunakan untuk membuat hand sanitizer sendiri di rumah loh! Cukup gunakan salah satu teknik, tapi sebelum itu jangan lupa siapkan lidah buaya ya. Selamat mencoba!

Untuk pemesanan, hubungi kami melalui kontak yang tersedia berikut:

Chat WhatsApp Kirim SMS Telpon

Komentar (0)

Posting Komentar