Keuntungan Penggunaan Mulsa Plastik Pada Budidaya Udang Vaname

Udang Vaname adalah spesies udang yang kini jamak dibudidayakan petambak di Indonesia. Produktivitasnya tinggi, relatif tahan terhadap serangan penyakit, waktu pemeliharaan cukup singkat, survival rate (kelangsungan hidup) tinggi selama masa pemeliharaan dan permintaan pasar pun semakin banyak. Udang ini laku dijual mulai ukuran kecil –sedang (ukuran 15-25 gram/ekor).


Tahun 2010 pemerintah Indonesia mulai melakukan revitalisasi tambak udang di bagian utara pulau Jawa dengan metode plastik menggunakan mulsa plastik. Petambak mendapat insentif berupa mulsa plastik, pakan, bibit udang, kincir, pompa air, dan genset. Hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan dan program edukasi pemerintah tehadap petambak udang untuk meningkatkan produktivitas tambak.

Berbagai macam jenis mulsa plastik tersedia di pasaran. Salah satu jenis mulsa plastik yang tepat digunakan untuk melapisi tambak yaitu mulsa plastik hitam perak. Bagian perak memantulkan cahaya matahari yang membantu proses fotosintesis yang lebih optimal, kondisi tambak lebih lembab, dan mengurangi serangan penyakit. Sementara itu bagian hitam akan menjaga suhu di dasar tambak menjadi hangat.
#Baca juga Beginilah cara menanam buah semangka yang benar.

Tantangan utama menurunnya jumlah panen bahkan kegagalan budidaya udang yaitu serangan penyakit dan mutu lingkungan budidaya yang mengalami penurunan. Penyakit yang dijangkit udang Vaname dapat berupa virus, bakteri, dan parasit. White Spot Syndrome Virus (WSSV) dan Infectious Myonecrosis Virus (IMV) adalah diantara virus yang belum bisa diatasi secara sempurna. Virus-virus tersebut menyebar melalui rembesan karena dinding tambak yang longsor. Penyebab lainnya berupa mutu lingkungan budidaya yang mengalami penurunan.

Padat tebar yang tinggi, penyebaran pakan yang tidak merata, dan jeleknya sistem pembuangan air sisa pemeliharaan menyebabkan menumpuknya kotoran udang dan bahan organik sisa pakan dalam tambak. Penumpukan kotoran ini dapat menimbulkan gas H2S dan amonia yang berbahaya bagi kelangsungan hidup udang.
#Baca juga Gunakan Mulsa Plastik Hitam Perak Membantu Petani Sukses.

Penggunaan plastik mulsa dapat menanggulangi beberapa masalah diatas ditambah dengan berbagai manfaat yang menyertainya. Diantaranya yaitu:
1.Meminimalisir porositas dan kebocoran tambak.

2.Mengurangi pengikisan tanggul dan dasar tambak oleh arus kincir sehingga meminimalisir penyebaran virus. Penggunaan kincir sangat diperlukan untuk menjaga kadar oksigen dalam air. Sayangnya kincir inilah penyebab tanggul dan dasar tambak konvensional terkikis. Padahal rembesan air dari luar tambak adalah penyebab utama menyebarnya virus pada udang.

3.Limbah tambak lebih mudah terkumpul sehingga area pemberian pakan lebih bersih. Tambak yang bersih akan menjaga mutu lingkungan budidaya udang.

4.Produktivitas udang meningkat (terutama pada tanah dengan kualitas yang rendah dan porositas tinggi). Contohnya pada tambak di daerah payau dan daerah dengan pH tanah yang rendah.

5.Biaya investasi relatif rendah. Harga mulsa plastik lebih murah dibandingkan plastik HDPE, plastik ini mudah dan cepat dipasang, serta relatif tahan pelapukan. Ukuran plastik mulsa pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan petambak.

6.Suhu air tambak lebih tinggi hinga 1oC dibanding tambak konvensional. Suhu yang tinggi tersebut terbukti menurunkan jumlah kasus serangan WSSV.

7.Tidak ada klekap yang terapung di tambak yang dipasangi plastik mulsa. Klekap merupakan salah satu penyebab kematian dan stress pada udang.

8.Pengadaan mulsa plastik mudah karena diproduksi dalam jumlah besar di pabrik mulsa plastik. Anda dapat menghubungi distributor dan supplier mulsa plastik untuk memenuhi kebutuhan mulsa plastik Anda.

Keuntungan-keuntungan penggunaan mulsa plastik tersebut terbukti menunjang keberhasilan petambak dalam meningkatkan produktivitas tambak di berbagai daerah di Indonesia.Kami Lim Corporation jual mulsa plastik untuk tambak dan pertanian. Kami menyediakan mulsa plastik berkualitas yang diolah dari biji plastik dengan harga bersaing. Silakan hubungi kami ke email limcorporation2009@gmail.com.

#Untuk info harga plastik mulsa terupdate silahkan klik DISINI.

Posting Komentar

0 Komentar