Agar Kondisi Tetap Sehat, Ini Cara Benar Membuat Kandang Itik


Salah satu hal yang paling mudah dilakukan masyarakat yang mempunyai lahan pekarangan adalah memelihara ternak itik yang menghasilkan telur sekaligus bibit atau DOD (day old duck). Itik merupakan hewan yang sensitif terhadap suhu, utamanya suhu dingin. Jika temperatur udara terlalu rendah dapat mengganggu perkembangan itik. Selain itu bentuk dan kondisi kandang pun harus dibuat secara tepat agar memudahkan pemiliknya dalam melakukan perawatan. Jadi, ini dia cara tepat membuat kandang itik yang dikutip dari jitunews.com, bertaniorganik.com dan sentrabudidaya.com :

Lokasi Kandang

- Tempat yang ideal untuk beternak itik adalah lokasi yang jauh dari keramaian atau suara bising.
- Transportasi yang mudah, baik untuk perawatan maupun pengangkutan hasil produksi.
- Mudah mendapatkan air bersih serta dekat dengan sarana dan prasarana.
- Aman dari binatang pengganggu atau orang.

Bangunan Kandang

- Atap bangunan, atap harus mampu menahan panas matahari dan tampisan hujan. Atap yang terbaik adalah yang terbuat dari plastik, lebih tepatnya bisa menggunakan plastik uv. Mengapa plastik uv? Karena selain mampu menghalau panas dan hujan, atap yang terbuat dari plastik uv dapat menjaga suhu dan juga sangat awet digunakan hingga bertahun-tahun. Harganya yang murah dan ramah lingkungan juga menjadi alasan mengapa Anda harus memakai plastik uv untuk kandang itik.
Jual Plastik UV Murah Untuk Kandang Ternak
- Arah bangunan, buat bangunan kandang dengan mengarah ke timur atau matahari terbit, hal ini bertujuan agar sinar matahari pagi dapat masuk ke dalam kandang. Sehingga ruangan kandang menjadi terang dan sehat, serta lantai kandang tetap kering.

- Luas kandang, luas kandang berhubungan erat dengan efisiensi penggunaan pakan. Luas kandang yang terlalu lebar sangat tidak efisien, karena energy yang semestinya untuk menghasilkan telur terbuang untuk berlarian kesana kemari atau aktifitas lainnya. Buatlah kandang yang ekonomis. Artinya kandang tidak harus mahal asal memenuhi syarat perkandangan yang baik.

- Tutup dinding kandang, buatlah dinding kandang dengan tembok/bambu setinggi 60 cm dari lantai, sedangkan sisanya dibiarkan terbuka, cukup ditutup dengan kawat atau bilah-bilah bambu atau juga bisa dengan dipasangi jaring paranet.

- Ukuran Kandang, buat sekat kandang dengan memperhatikan kepadatan kandang. Ukuran kepadatan kandang untuk itik petelur maksimal 4 ekor/m2 dan kalau bisa per kelompok hanya terdiri dari 50 ekor itik masa produksi. Buatlah tinggi kandang tidak kurang dari 2 meter, sehingga kita tidak perlu merunduk ketika melakukan pekerjaan di dalam kandang.

Baca Juga : Lebih Cepat Panen, Ini 4 Cara Budidaya Bawal di Kolam Terpal

Tips Pemberian Pakan

Untuk pemberian pakan sendiri Anda bisa sesuaikan dengan usia itik. Pada fase bertelur itik membu tuhkan pakan dengan kandungan protein 17% – 20% dan energi sebesar 2.700kkal – 2.88kkal. Bahan pokok pakan sumber karbohidrat antara lain dedak, jagung, karak atau aking (nasi yang dikeringkan) dan juga menir.

Sedangan sumber protein hewani (segar) : ikan rucah, kerang, remis, kulit udang, diberikan oleh peter nak di dekat pantai. Bekicot dan keong sawah diberikan oleh peternak di areal pertanian dan rawa. Untuk mengantisipasi kurangnya ikan segar bisa dikeringkan dan dibuat tepung.

Junkah pakan yang diberikan juga bervariasi. Patokannya seekor itik membutuhkan 155 g/hari (kering). Pada kadar air 15% – 20% bobotnya kurang lebih 220 gram. Ada peternak membi pakan 20kg/100 ekor/ hari. Peternak lain memberi 7 kg aking, 5 kg katul, 15 kg ikan segar atau 5 kg tepung ikan. Atau 25 kg – 27 kg per hari.


Berikut ini teknis pembagian pakan sesuai dengan usia itik :

- Umur 0-16 hari diberikan pada tempat pakan datar (tray feeder)
- Umur 16-21 hari diberikan dengan tray feeder dan sebaran dilantai
- Umur 21 hari samapai 18 minggu disebar dilantai.
- Umur 18 minggu–72 minggu, ada dua cara yaitu : 7 hari pertama secara pakan peralihan dengan memperhatikan permulaan produksi bertelur sampai produksi mencapai 5%. Setelah itu pemberian pakan itik secara ad libitum (terus menerus).

Untuk pemesanan, hubungi kami melalui kontak yang tersedia berikut:

Chat WhatsApp Kirim SMS Telpon

Komentar (0)

Posting Komentar