Plastik UV Untuk Pengeringan Hasil Panen dan Industri UKM


Sebentar lagi Indonesia akan memasuki awal musim penghujan. Walaupun, faktanya hingga sekarang ini di beberapa besar di Pulau Jawa kerap diguyur hujan meskipun sedang musim kemarau. Fenomena alam yang memang sulit diprediksikan ini memaksa kita untuk berpikirkan bagaimana produksi serta sistem pengeringan tetap bisa berjalan meski sedang turun hujan. Sebab banyak pelaku UKM yang tak memiliki modal besar, jadi untuk memakai penjemuran serta pengeringan masih tetap memakai bantuan sinar matahari. Mereka banyak yang belum bisa membeli peralatan mesin pengering sendiri.

Pengeringan pada intinya merupakan suatu langkah untuk mengeluarkan ataupun menyingkirkan beberapa air yang terkandung dari satu bahan melalui cara menguapkan beberapa besar air dengan menggunakan daya panas. Penurunan kadar kandungan air biasanya dikerjakan sampai meraih kandungan air tertentu sampai enzim dan juga mikroba penyebab rusaknya bahan pangan jadi tidak aktif ataupun mati. Diluar dari itu, pengeringan komoditas pertanian bisa juga meningkatkan nilai ekonomis produknya. Meski demikian, sering kali saat sistem pengeringan berjalan ada saja permasalahan yang timbul, terlebih pada pengeringan secara sistem konvensional ataupun penjemuran dibawah cahaya matahari langsung.

Baca Juga : Mengapa Petani Sangat Membutuhkan Paranet Yang Berkualitas?

Hal ini disebabkan sistem pengeringan tersebut tergantung pada tingkat cuaca, luasan alas jemur serta sebagainya. Oleh sebab itu, dibutuhkan sebuah prototipe yang simpel, ekonomis dan juga bisa menangani permasalahan dalam sistem pengeringan pada komoditas pertanian tersebut. Nah, sebetulnya permasalahan di atas mempunyai jawaban yang sederhana, yaitu dengan memanfaatkan Plastik UV untuk pengeringan. Namun, apa itu plastik uv? Plastik UV merupakan sebuah plastik yang dalam bahan pembuatannya dilapisi bahan kimia khusus, sehingga mampu untuk mengatur suhu udara serta panas yang bakal diterima, kemudian akan diolah kembali oleh plastik uv saat pengeringan sedang berlangsung.


Kenapa harus memakai plastik uv? Hal tersebut disebabkan oleh sifat fisiknya yang lebih terang jadi lebih cocok untuk masalah penjemuran. Plastik UV yang paling pas dan cocok untuk dipakai sebagai alat penjemuran komoditas pertanian adalah plastik yang memiliki kandungan UV protektor sebanyak 14%. Kalau dijemur dibawah atap yang dibuat dari plastik UV, proses pengeringan bakal tetap berjalan normal walau keadaan cuaca sedang hujan. Tak hanya itu plastik UV pun memiliki kandungan IR (infrared) additive yang berguna mengontrol temperatur didalam ruangan jadi suhu didalam ruangan akan berubah normal ketika siang hari ataupun malam hari dalam keadaan cuaca apapun. Tentu, hal semacam ini sangat membantu para petani untuk memperoleh hasil yang bagus.

Baca Juga : Mengenal Lebih Dekat Aneka Jenis Karung Plastik dan Fungsinya

Petani tak perlu repot lagi memasukkan hasil pertanian ke dalam karung kalau hujan tiba-tiba turun. Tak hanya itu sifat dari plastik UV ini mengandung UV protektor yang dapat dijadikan penghantar panas yang baik serta menyaring dampak buruk dari bahayanya sinar matahari langsung. Terlepas dari penjelasan itu semua, Kami CV. Lim Corporation selaku Produsen dan Distributor Plastik UV Lokal & Import, menyediakan Plastik UV dengan berbagai pilihan kualitas, ukuran, ketebalan, serta kandungan uv protektor yang sesuai dengan keperluan Anda. Beberapa daftar ukuran Plastik UV Lokal dan Import yang tersedia sekarang ini, antara lain :

Plastik UV Lokal (Merek HERCULES)

- Ukuran 150/300cm x 100 meter
- Ketebalan tebal 200 micron (0,20mm)
- Netto sekitar 55 - 57 kg
- Minimal order 3 roll

Plastik UV Import (Merek VATAN dari Istanbul Turki)

* Plastik UV Vatan 14%
- Ukuran : 4,2m x 55m x 200mc, netto 53kg/roll
- Ukuran : 6m x 60m x 200mc, netto 73kg/roll
- Ukuran : 8m x 45m x 200mc, netto 74kg/roll
- Minimal order 3 roll
- Kandungan UV protektor 14%
Bahan adiktif yang terkandung : IR (Infra Red) Additive, AB (Anti Bacerial) Additive, EVA (Ethylene Vinyl Acetate) Additive, LD (Light Diffused) Additive

* Plastik UV Vatan 6%
- Ukuran : 3m x 100m x 200mc, netto 62kg/roll
- Minimal order 3 roll

Catatan :
Garansi kandungan additive bertahan selama 3 tahun. Maka lebih baik plastik UV bisa diganti tiap 3 tahun, supaya manfaat dari kandungan additivenya tetap maksimal, walaupun secara fisik kondisi plastik uv masih terlihat bagus dan belum rusak.

Jual Plastik UV Pengeringan Murah dan Berkualitas

Pemesanan Ukuran Khusus (Lokal)


- Plastik UV 5%
- Jenis Bening
- Warna Biru
- Lebar maximal 150cm (posisi saat terlipat), 300cm (posisi saat terbuka)
- Berat maximal antara 50 - 70 kg tiap roll

Untuk keperluan plastik UV baik digunakan untuk greenhouse atau pengeringan, percayakan saja kepada kami. Untuk info pemesanan serta harga plastik UV, segera hubungi admin kami di 085233925564 - 081232584950 - 087702821277. Atau hubungi admin kami via whatsapp dengan klik salah satu tautan berikut :
http://bit.ly/2BAgCJ3
http://bit.ly/2oaVZvq
http://bit.ly/2BD3Fyr

Untuk pemesanan, hubungi kami melalui kontak yang tersedia berikut:

Chat WhatsApp Kirim SMS Telpon

Komentar (0)

Posting Komentar