Cara Budidaya Bunga Krisan dengan Polybag, Lebih Hemat Ongkos!

Cara budidaya bunga krisan saat ini sangatlah gampang, dapat dengan menanamn dengan metode stek, pembagian akar, ataupun ditanam dari biji. Di samping itu, bunga ini pula dapat tumbuh dalam berbagai kondisi tanah.

Periode berbunganya pula panjang. Pasti bakal amat menyenanangkan kalau dapat menanam bunga krisan di pekarangan rumah anda. anda ingin tahu cara menanamnya? Cek dibawah ini ya.

1. Menentukan Jenis

Beberapa jenis tanaman krisan yang dapat anda tanam di rumah diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Krisan pompom, yang bunganya berbentuk bola-bola kecil seperti pompom
  • Krisan anemone, yang mirip dengan bunga aster yang helai bunganya berbentuk mahkota berjumlah 1-2 baris di sekeliling pusatnya
  • Krisan daisy, yang bunganya mirip bunga daisy yang helai dari mahkotanya sebaris
  • Krisan spider, yang populer serta helai mahkotanya panjang serta padat.

2. Tahap Menanam

Pilihlah biji krisan yang berkualitas. anda dapat menemukan biji berkualitas di toko khusus benih bibit tanaman.

Kamu dapat menanam benih sebanyak 5 hingga 6 biji saja supaya tak terjadi persaingan pertumbuhan dalam satu tempat. Cara menanam benihnya ialah dengan meletakkan benih pada bagian tengah media tanam.

Kemudian, letakkan benih-benih yang lain dengan pola tertentu supaya tanaman tumbuh dengan pola yang lebih menarik.

3. Penyiraman Tanaman

Penyiraman tanaman krisan dalam polybag sebaiknya dilakukan pada pagi hari. Siram bagian akar serta batangnya saja, usahakan menghindari menyiram di bagian daun.

Anda dapat menyiram tanaman secara manual ataupun memakai alat seperti sprayer ataupun gembor.

4. Pemberian Pupuk

Pemberian pupuk pada tanaman krisan pula amat diperlukan. Gunakan pupuk yang terbuat dari bahan-bahan organik supaya tanaman serta media tanam anda tak tercemar bahan kimia.

Lakukan pemupukan setidaknya satu kali dalam dua minggu. anda pula dapat menambahkan larutan pupuk 20-10-20 pada saat sedang menyiram tanaman.

5. Hindari Cahaya Buatan

Tanaman ini membutuhkan periode waktu gelap yang lebih lama untuk dapat berbunga dengan optimal. Ada baiknya untuk menjauhkan bunga dari penerangan buatan ataupun lampu pada malam hari.

Bunga krisan pula tak boleh terkena sinar matahari secara langsung dalam jangka waktu yang lama. Banyak orang memakai greenhouse untuk membudidayakan tanaman ini supaya cahaya matahari dapat tersaring.

6. Pemotongan Bunga

Hal ini dapat anda lakukan saat bunganya telah layu serta mengering. Tujuannya tentu supaya tak mengganggu sirkulasi air serta nutrisi yang bakal diterima oleh seluruh bagian tanaman.

Selain itu, bagian bunga yang kering pula mengurangi keindahan bunga krisan lain yang sedang bermekaran. (Editor: A) (Publish: 2/3/2021)

Posting Komentar

0 Komentar