Cara Kekinian Budidaya Ubi Cilembu, Praktis dan Sederhana


Di Indonesia, ubi merupakan salah satu ragam makanan yang cukup disukai. Dan salah satu ragam ubi yang paling digemari & terkenal ialah ubi Cilembu. Variasi ubi ini disukai & terkenal sebab rasanya yang betul-betul manis dan enak, apa lagi saat dibakar. Ubi Cilembu masuk ke dalam salah satu dari beraneka ragam ragam ubi jalar. Sama seperti ubi jalar lainnya, ubi Cilembu juga mengandung banyak karbohidrat sehingga dapat dipakai sebagai ganti dari nasi.

Kecuali itu ubi jalar juga mengandung beraneka ragam zat diantaranya merupakan air, abu, pati, protein, gula, serat kasar, dan betakaroten. Segala zat tersebut diperlukan oleh tubuh manusia agar tetap sehat. Tidak hanya itu saja, yang menjadi alasan tanaman dengan mana Latin ipomoea batatas ioir ini digemari pada semua kalangan yaitu, karena seluruh bagian dari tanaman ubi jalar dapat dimanfaatkan mulai dari daun, batang, sampai dengan akar.

Baca Juga:
Di tahun 2001, ubi Cilembu masuk ke dalam salah satu komoditas pertanian unggulan di Indonesia. Ubi Cilembu mempunyai keunggulan dibanding ubi lain, merupakan cakap bertahan dalam rentang waktu yang lama. Saat ini kesempatan dalam memperdayakan ubi cilembu ini sebagai usaha sangatlah tinggi, mengingat masih belum banyak orang yang tahu bagaimana profit dari usaha budidaya tanaman yang satu ini.

Nah, ada sebagian hal yang semestinya diperhatikan apabila ingin mencoba budidaya tanaman ubi Cilembu. Beberapa hal tersebut dapat diperhatikan di bawah ini.

1. Pembenihan
Pembenihan ubi Cilembu dapat dilaksanakan dengan dua cara merupakan generatif dan vegetatif. Tetapi pada skala pertanian biasanya yang dilaksanakan merupakan cara vegatatif. Metode generatif lazim dilaksanakan hanya untuk penelitian atau menciptakan varietas baru.


Pemilihan bibit ubi yang unggul merupakan dari stek tanaman yang telah berumur lebih dari dua bulan. Pilih tanaman yang mempunyai kualitas bagus agar anakannya juga mempunyai kualitas bagus. Potong stek sepanjang 25 sampai 30 cm. Gunakan pisau yang tajam untuk memotong. Pemotongan sebaiknya dilaksanakan pada pagi hari.

2. Pengolahan Tanah
Pengolahan tanah untuk budidaya ubi jalar Cilembu dapat dilakuakn dengan membersihkan rumput atau tanaman liar terlebih dulu kemudian dicangkul agar gembur. Sesudah itu buat guludan dengan lebar bawah 60 cm, tinggi mencapai 30 sampai 40 cm, dan jarak antar guludan mencapai 70 sampai 100 cm. Sesuaikan dengan luas lahan yang dimiliki.

3. Penanaman
Penanaman bibit ubi Cilembu sebaiknya dilaksanakan pada pagi hari. Musim yang bagus merupakan pada saat permulaan musim hujan di bulan Oktober, ataupun di permulaan musim kemarau bulan Maret. Sebelum ditanam sebaiknya bibit direndam dalam larutan fungisida.

4. Pemeliharaan
Ubi Cilembu harus melalui tahap pemeliharaan yang cukup menguras tenaga, karena tahapan pemeliharaan sangatlah banyak mulai dari penyiangan, penyulaman, pemupukan, pembalikan batang dan pucuk, pemangkasan, sampai dengan penyiraman dan pengairan. Segala tahap perawatan tadi semestinya dilaksanakan secara pantas dengan proporsional.

5. Pengontrolan Hama
Hama yang lazim menyerang ubi Cilembu merupakan ulat atau larva, serangga, sampai dengan tikus. Kecuali itu ubi jalar juga dapat terkena beraneka ragam ragam penyakit seperti kudis, layu, dan virus. Sampai saat ini untuk penanganan terhadap hama masih efektif memakai bantuan pestisida organik.

6. Pemanenan
Pemanenan ubi Cilembu lazim dilaksanakan pada 3 sampai 5 bulan pasca ditanam tergantung ragam varietas ubi. Ubi yang telah matang mempunyai ciri serat rendah. Metode memanen ubi jalar merupakan dengan memotong tangkainya kemudian gali di tempat tanaman yang telah dipotong tadi.

Jual Waring Sayur
*Info selengkapnya mengenai harga Waring Sayur klik DISINI

Jika anda membutuhkan dan memerlukan Waring Sayur maupun Waring Ikan untuk peking sayuran serta untuk kolam ikan atau untuk lainnya dengan harga yang sangat terjangkau silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu Serta Hari Besar Kami Tutup)

Customer Service: 
Telp: 031 - 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00)
Mobile: 0852 3392 5564 / 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langung dengan Admin klik salah satu tuntan berikut:

CATATAN:
- Minimal order 5000 lembar
- Harga Franco Surabaya
- Harga netto (tidak termasuk PPN)
- Harga tidak mengikat bisa berubah sewaktu-waktu

Posting Komentar

0 Komentar