Penggemar Mangga Irwin? Buruan Intip Cara Tepat Budidayanya


Mangga irwin ini memiliki ukuran buah yang lumayan besar bisa mencapai 500gr perbuah. Buah mangga jenis ini memiliki tekstur daging agak padat berair dan berserat halus serta ada kandungan tepungnya. Rasa manisnya memiliki kadar gula kurang lebih 12-15' briks, ketika dikonsumsi rasanya akan memenuhi rongga mulut dan berakhir dengan sensasi asam yang terasa di samping dan belakang lidah.

Buah Mangga Irwin mempunyai kandungan vit C yang amat tinggi, sangat bermanfaat sebagai anti oksidan yang berfungsi menjaga dan meningkatkan daya tahan dalam tubuh. Kandungan serat pada buah mangga ini membantu melancarkan organ dan saluran pencernaan. Selain vit C dan serat, Mangga Irwin pun mempunyai zat potassium,asam nikotinik dan zat besi yang berguna sebagai melawan atau mencegah serangan kanker.

Baca Juga : Cara Menanam dan Merawat Bunga Matahari Anti Hama

Syarat Tumbuh
Lahan yang direkomendasikan untuk menanam mangga irwin ini yaitu lahan yang berada di dataran rendah hingga ketinggian sekitar 700 mdpl, memiliki iklim tropis dengan suhu udara sekitar 30-35 derajat celcius serta lahan mendapatkan penyinaran matahari sepanjang hari.

Persiapan Bibit
Perbanyakan bibit mangga irwin ini dapat dilakukan melalui biji, okulasi atau dengan cangkok. Tapi jika tidak ingin repot, anda dapat membeli bibit mangga irwin hasil okulasi atau cangkok di toko bibit tapi pilihlah bibit yang berkualitas unggul, sehat, berdaun hijau segar yang lebat dan berbatang kokoh.

Baca Juga : Budidaya Pepaya di Greenhouse, Menjadikan Buah Lebih Sehat

Lahan Tanam
Pertama, bersihkan lahan tanam dari gulma atau tanaman pengganggu lainnya, kemudian buatlah lubang tanam dengan ukuran 50x50x50 cm lalu diamkan lubang tanam selama sekitar 2-3 hari agar bekteri dan racun dalam tanah hilang. Selanjutnya, tanah bekas galian lubang tersebut dicampur dengan pupuk kandang/kompos dan sekam.

Penanaman Bibit
Setelah semuanya siap, segera lakukan penanaman, lepaskan polybag bibit dengan hati-hati agar tidak merusak media dan perakaran mangga irwin, lalu letakkan bibit ke dalam lubang tanam dan timbun dengan media yang sudah disiapkan sebelumnya yaitu campuran tanah, pupuk kandang/kompos dan sekam. Sedikit padatkan dan lakukan penyiraman secukupnya, bisa juga diberi ajir berupa bilah bambu sepanjang 1,5 meter untuk menopang tanaman agar tidak roboh.
Jual Polybag Berkualitas dan Harga Murah
Perawatan Tanaman
Lakukan Penyiraman secara rutin yaitu sebanyak 1-2 kali sehari atau bisa juga disesuaikan dengan kondisi lahan dan cuaca. Lakukan penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang tumbuh disekitar pohon mangga irwin. Jika mangga irwin terserang hama dan penyakit maka segera lakukan penanganan dengan cara memberikan insektisida dan fungsida setiap 4-5 hari sekali. Agar nutrisi yang dibutuhkan tanaman mangga irwin terpenuhi, maka lakukan pemupukan secara rutin setiap 1 (satu) bulan sekali.

Pemupukan tersebut dilakukan dengan menggunakan pupuk organik maupun kombinasi kimia dari pupuk NPK, pupuk kandang atau pupuk kompos dan pupuk organik cair penyubur tanaman dan pupuk pengganti pengocor tanaman. Untuk merangsang pertumbuhan buah atau bunga, maka berikan hormon perangsang buah secara rutin setiap sebulan sekali. Biasanya hormon perangsang buah ini akan bereakse sekitar kurang dari 3 tahun.


Masa Panen
Jika ditanam dari hasil okulasi atau cangkok atau sambung, maka tanaman mangga irwin akan berbuah setelah berumur sekitar 2-4 tahun.

Untuk pemesanan, hubungi kami melalui kontak yang tersedia berikut:

Chat WhatsApp Kirim SMS Telpon

Komentar (0)

Posting Komentar