Mengenal Manfaat dan Kegunaan Jaring PE atau Jaring Keramba


Jaring PE atau jaring keramba ialah suatu sarana pemeliharaan ikan atau biota air yang kerangkanya terbuat dari bambu, kayu, pipa pralon atau besi berbentuk persegi yang diberi jaring dan diberi pelampung seperti drum plastik atau streoform agar wadah tersebut tetap terapung di dalam air.

Berikut Manfaat Dari Jaring PE Antara Lain :

1). Mempermudah Proses Penyortiran
Pada pembudidayaan lele dumbo terutama proses pembesaran ukuran dan besar lele tidak akan memiliki kesamaan walaupun sudah dibantu dengan pemberian Probiotik , ini dikarenakan adanya rebutan makanan pada saat petani menaburkan pakan dan hal inipun terjadi sekalipun dilakukan dikolam tanah. Dengan menggunakan sistem Jaring Keramba ini akan mempermudah dan mempercepat proses penyortiran karena bagi yang memiliki kolam didataran rendah khususnya yang kesulitan membuang air dalam kolam akan sangat terbantu sekali ketika akan melakukan proses penyortiran lele.

2). Mempercepat Proses Panen
Dalam proses pemanenanpun dengan menggunakan Jaring  petani tidak susah payah membuang air, pemanenen dilakukan sama halnya ketika melakukan proses penyortiran yang tentunya proses panen akan lebih cepat dan tidak perlu mengeluakan tenaga ekstra.

3). Menjaga Benih Dari Predator Lain
Pada kolam tanah sering kali ditemukan berkeliaran hama yang memakan benih lele yang ditabur terutama ketika benih masih berukuran kecil, predator-predator / hama tersebut biasanya adalah ular, belut, ikan sapu dan lainnya. Apabila menggunakan Jaring  ini kemungkinan benih dimangsa oleh hama tersebut diatas bisa dicegah yang tentunya ketika panen tiba hasil yang didapat bisa maksimal.

4). Megurang Tingkat Penyebaran Penyakit
Dari beberapa informasi yang didapat banyak petani yang mengeluhkan lele yang mereka tanam banyak yang terserang penyakit seperti bintik, jamur dan borok (budug) pada permukaan luar kulit dan untuk penyembuhannya membutuhkan waktu yang lama bisa sampai berminggu-minggu walaupun sudah diberi obat. Selama kami mencoba Jaring  ini lele yang terdapat dalam jaring ternyata lebih kebal dibandingkan dengan yang ada dikolam lepas, bahkan ketika ada lele yang terserang penyakit tersebut diatas ketika dipindahkan kedalam jaring bisa sembuh dalam hitungan hari tanpa pemberian obat.

5). Sebagai Antisipasi Banjir
Kelebihan yang terakhir ini adalah hal yang kami banggaan dari Jaring  yaitu sebagai antisipasi ketika terjadi banjir.

Demikian pembahasan kita tentang Manfaat dan Kegunaan Jaring PE atau Jaring Keramba, semoga bermanfaat. Info lebih lanjut tentang jaring PE atau Jaring Keramba silahkan sms/call/wa kami di nomor: 0852-3392-5564, 0877-0282-1277, 0812-3258-4950.

Untuk pemesanan, hubungi kami melalui kontak yang tersedia berikut:

Chat WhatsApp Kirim SMS Telpon

Komentar (0)

Posting Komentar