Mengenal Lebih Dalam Kersen, Buah Pengingat Masa Kecil


Punya pohon super besar serta tinggi, namun buahnya super kecil. Yups, apalagi kalau bukan buah kersen. Di beberapa daerah, si kecil yang punya rasa manis ini juga disebut ceri. Hayo, siapa yang jaman dulu kerap manjat buah ini? Hampir semua anak pasti suka dengan buah kersen.

Dikutip dari kaltim.tribunnews.com, bukan hanya karena rasanya yang manis, sensasi manjat pohon besar juga jadi petualangan yang menggembirakan. Di kalangan masyarakat Jawa pohon ini dikenal dengan nama pohon talok. Buahnya bernama buah talok, ada juga yang menyebutnya kersen.

Baca Juga :
- Membahas Tuntas Soal Murbei, Buah Manis yang Kini Langka
- Mengenal Lebih Dekat Jamblang, Buah Kecil dengan Banyak Nama
- Ciplukan, Tanaman Liar yang Pernah Diremehkan Banyak Orang

Pohon kersen mempunyai daun-daun yang kecil yang rimbun, saat berguguran tak jarang pohon ini membuat kesal warga lantaran bakal mengotori tanah di bawah pohon. Buahnya berwarna hijau serta menjadi merah saat matang. Buah Kersen selain banyak dicari oleh para anak kecil, buahnya juga sering dimangsa burung ataupun kelelawar.

Meski bentuk buahnya kecil, namun rasa daging buahnya sangat manis. Sementara itu lantaran amat susah untuk dikupas, kulit buah kersen juga dapat dimakan. Kersen sendiri dapat tumbuh di mana saja sehingga disebut tanaman ataupun pohon liar. Dikutip dari manfaat.co.id, meskipun liar, di dalam buahnya tersimpan manfaat yang luar biasa loh, antara lain :

- Mengobati asam urat
- Menyembuhkan diabetes
- Meredbakal gejala flu
- Meredbakal sakit kepala
- Pembunuh mikroba
- Mengatasi kejang ataupun kaku di bagian saluran pencernaan akibat gastritis serta diare
- Mencegah serta menyembuhkan batuk
- Mengatasi radang
- Sebagai antibakteri ataupun antiseptic
- Menurunkan tekanan darah tinggi
- Menurunkan kadar kolesterol dalam darah
- Mengatasi infeksi
- Anti-tumor
- Meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tak mudah sakit
- Kandungan air pada buah kersen dapat mengembalikan kelembaban alami kulit sehingga kulit bakal terus terlihat segar


Dikutip dari boombastis.com, bukan hanya rasa manis buah kersen yang banyak disukai anak-anak, bahkan pohon besarnya juga nyaman banget buat berteduh. Selain rindang, pohon ini juga nggak butuh perawatan khusus. Kemampuannya hidup emang patut diacungi jempol. Tentu kalian kerap menjumpai pohon ini di tepi-tepi jalan raya kan?

Yups, tanpa ada yang menyiramnya tiap hari, pohon ini masih dapat tumbuh dengan baik dengan dedaunan lebat, menyumbangkan oksigen yang melimpah serta tentu saja buahnya merah-merah. Nah, namun buat kamu yang ingin budidaya kersen ini di rumah. Dikutip dari faunadanflora.com, berikut langkah-langkah yang dapat kamu ikuti ya.

Persiapan Bibit

Pembibitan pada tanaman ini juga sebenarnya dapat dikerjakan dengan menggunbakal cara generatif maupun vegetatif. namun jika tak ingin repot, bibit kersen dapat di peroleh dengan cara membelinya di toko tanaman bibit. Pilih bibit yang sehat, memili daun segar, mempunyai batang yang tumbuh tak lurus serta mempunyai banyak percabangan pada batangnya.

Lahan Tanam

Bersihkan gulma serta tanaman pengganggu lainnya yang ada di lahan tanam. Selanjutnya, buatlah lubang tanam dengan ukuran sekitar 50 x 50 x 50 cm. Setelah itu, diamkan lubang tanam selama 2-3 hari supaya racun dalam tanah hilang. Siapkan media tanam berupa campuran tanah bekas galian dengan pupuk kandang yang telah matang serta sekam.


Penanaman Tanaman

Setelah semuanya siap, segera kerjakan penanaman. Buka polybag bibit dengan hati-hati supaya media tanam serta perakarannya tak rusak. Selanjutnya, letakkan bibit dengan posisi tegak di tengah lubang tanam lalu tutup dengan media tanam yang telah disiapkan sebelumnya serta sedikit padatkan supaya bibit kersen tak mudah roboh.

Setelah penanaman selesai, kerjakan penyiraman secukupnya jangan sampai membanjiri tanaman. Selain itu, kerjakan pemasangan ajir dari potongan kayu sepanjang 1,5 meter yang diletakkan secara melingkar pada tanaman kersen lalu antar ajir tersebut diikat dengan kawat supaya saling terkait. Tujuan pemasangan ajir ini yaitu sebagai pengganti batang induk yang akarnya masih belum kuat.

Pemupukan Susulan

Adar nutrisi yang dibutuhkan tanaman kersen terpenuhi, maka kerjakan pemupukan susulan. Pemupukan tersebut dikerjakan dengan menggunbakal pupuk organik maupun kombinasi dengan pupuk anorganik. Pemberian pupuk ini dikerjakan sekitar satu bulan sekali.

Perawatan Lainnya

kerjakan penyiangan pada gulma ataupun tanaman pengganggu lainnya yang tumbuh di sekitar tanaman kersen. supaya pohon kersen cepat berbuah berikan hormon perangsang buah, batang serta daun setiap satu bulan sekali.

Untuk pemesanan, hubungi kami melalui kontak yang tersedia berikut:

Chat WhatsApp Kirim SMS Telpon

Komentar (0)

Posting Komentar