Para-para Praktis Dengan Paranet Pada Tanaman Pare


Pare adalah tumbuhan merambat dengan buah yang panjang dan runcing pada ujungnya serta permukaan bergerigi, rasanya pahit. Pare tumbuh baik di dataran rendah dan dapat dibudidayakan, atau ditanam di pekarangan dengan dirambatkan di pagar. Setidaknya ada 3 macam pare yang dapat kita jumpai yait pare putih, pare hijau dan pare panjang (pare belut/pare ular).

Cara Praktis Pembuatan Lanjaran
Untuk menghemat penggunaan kayu atau bambu dalam pembuatan lanjaran atau para-para pada tanaman pare, kita bisa menggunakan bahan lain misalnya paranet. Para-para atau lanjaran dengan paranet (anyaman plastik) cukup praktis dan biayanya murah.

*Info harga paranet termurah bisa langsung klik DISINI

Hal yang perlu dilalukan sebelum, budidaya pare adalah :
1). Persiapan Lahan
Anda bisa langsung menanamnya di lahan, sebelumnya gemburkan dulu tanahnya dengan dicangkul , berikan pupuk kandang atau kompos, aduk dengan tanah sampai rata. Anda bisa juga menanamnya di pot atau polybag ukuran 35 cm x 35 cm. masukan kedalam pot atau polybag campuran tanah dan pupuk kandang.

2). Penanaman
Tugal/buat lubang dengan jarak tanam 0,75 m x 0,75 m dengan satu lubang diisi 2 benih. Tutup lubang dengan tanah kemudian siram. Untuk menanam di polybag atau pot maka buatlah 1 lubang saja kemudian masukan benih pare kemudian timbun dan siram. Penyulaman dilakukan apabila ada biji yang tidak tumbuh, penyulaman dilakukan 1 MST.



*Baca juga Waspada! Inilah Hama Pengacau Yang Sering Mengganggu Tanaman Anggrek

4). Pemupukan dan Pengendalian Hama
Pemupukan susulan diberikan pada usia 2 MST dan 6 MST. Pengendalian hama seperlunya saja apabila terlihat ada gejala penyakit atau serangan hama. Untuk pare buah muda bisa dilakukan pembungkusan dengan plastic untk melindungi serangan lalat buah dan serangga lainnya. Panen pertama sudah bisa dilakukan pada usia tanaman menginjak 2 bulan. Gunakan pisau atau gunting untuk memotong tangkai buah.

Untuk pemesanan, hubungi kami melalui kontak yang tersedia berikut:

Chat WhatsApp Kirim SMS Telpon

Komentar (0)

Posting Komentar