Maksimalkan Produksi Cabai Anda di Segala Musim

Harga cabai di pasaran berubah-ubah sesuai musim, di musim kemarau (Mei-Oktober) harga cabai lebih murah dibanding harga cabai di musim hujan. Harga jual yang lebih murah ditunjang oleh perawatan tanaman cabai di musim ini yang relatif lebih mudah. Maka untuk mendapatkan keuntungan tinggi, petani cabai harus memaksimalkan jumlah produksi cabai.

Bagaimana caranya?
Penggunaan mulsa plastik hitam perak terbukti sangat efektif untuk menjaga kelembaban tanah di musim kemarau. Mulsa plastik dapat menahan laju evaporasi (penguapan) air yang membantu menjaga kadar air dalam tanah. Sehingga tanaman cabai mendapatkan kelembaban tanah yang cukup untuk proses pertumbuhan di musim kemarau. Di samping itu, mulsa plastik hitam perak juga akan meningkatkan suhu tanah. Peningkatan suhu berpengaruh pada meningkatnya aktivitas organisme dalam tanah dalam proses penguraian bahan organik.

Tanah pun semakin kaya dengan unsur hara (semakin subur). Tak hanya itu, tanah yang lembab dipadu dengan kenaikan suhu tanah di bawah mulsa plastik akan mematikan gulma. Hal ini disebebakan karena gulma tidak dapat berfotosintesis dalam kondisi tersebut. Tidak adanya gulma berarti seluruh unsur hara yang ada dalam tanah (lahan tanam) akan diserap optimal oleh tanaman cabai. Tanaman cabai menjadi lebih tinggi dan memiliki buah yang lebih banyak.
#Baca juga Mengapa Petani Kentang Harus Menggunakan Mulsa Plastik.

Peningkatan produksi cabai juga disebabkan oleh peningkatan proses fotosintesis yang dibantu bagian mulsa plastik yang berwarna perak. Warna perak akan memantulkan cahaya matahari, sehingga seluruh bagian daun tanaman cabai mendapatkan sinar matahari secara maksimal. Pantulan cahaya tersebut juga terbukti mengurangi jumlah hama seperti apids, trips, dan berbagai serangga merugikan lainnya.

Mulsa plastik hitam perak merupakan mulsa sintetik yang diproduksi secara massal oleh pabrik mulsa plastik. Hal ini menunjang kemudahan pengadaan mulsa di segala musim. Berbeda dengan mulsa organik yang tergantung dengan hasil samping panen tanaman lain. Untuk mendapatkan mulsa plastik hitam perak ini, kami Lim Corporation siap melayani kebutuhan mulsa plastik Anda. Kami menjual mulsa plastik berbagai merk yang berkualitas.
#Baca juga Cara Memasang Mulsa Plastik Hitam-Perak (MPHP)

Silakan menghubungi kami untuk mendapatkan daftar harga mulsa plastik terbaru dan informasi mengenai ukuran mulsa plastik.Selain menggunakan mulsa plastik hitam perak, ada cara lain untuk memaksimalkan produksi cabai yaitu melalui pemupukan menggunakan pupuk PK. Pupuk P (Fosfat) akan memacu pertumbuhan akar tanaman cabai, menambah daya tahan tanaman terhdap hama dan penyakit, serta merangsang pertumbuhan jaringan tanaman. Pupuk K(Kalium) juga tak kalah bermanfaat, pupuk ini berperan dalam metabolisme air dalam tanaman, mempertahankan turgor, menguatkan batang, dan meningkatkan produksi cabai.

Sementara itu, budidaya cabai di musim hujan memerlukan penanganan khusus. Budidaya cabai di musim hujan beresiko tinggi mengalami gagal panen. Tanaman cabai  sangat sensitif terhadap kelembaban dan curah hujan, bunga cabai yang terkena hujan rawan rontok dan buah cabai lebih mudah busuk jika terus menerus tersiram air hujan. Di musim hujan pula serangan penyakit terhadap tanaman cabai meningkat pesat.
#Untuk info harga plastik mulsa hitam perak terupdate silahkan klik DISINI.

Mulsa plastik hitam perak dapat membantu proses fotosintesis di musim hujan dimana intensitas matahari berkurang. Selain itu mulsa plastik hitam perak juga akan membantu mengurangi hama dan penyakit yang menyerang tanaman cabai. Khusus di musim hujan, sebaiknya petani membuat penutup tanaman cabai untuk melindunginya dari air hujan. Penutup ini dapat dibuat menggunakan bambu yang dilapisi plastik bening. Ya, budidaya cabai di musim ini membutuhkan usaha yang lebih, namun jangan lupa di musim ini harga cabai melambung tinggi. Dan permintaan terhadap cabai selalu tinggi tanpa mengenal musim. Selamat bertani!

Posting Komentar

0 Komentar